NCC 2024

SBN Seri ORI019 Cetak Rekor, Ternyata Diborong Investor Baru

BusinessNews Indonesia – Masyarakat semakin hari sudah semakin menyukai investasi dengan instrumen surat berharga negara (SBN) ritel. Hal tersebut bisa dilihat dari pemesanan seri ORI019 yang berhasil mencetak rekor nominal pemesanan sekaligus jumlah investor yang memesannya.

Dikutip dari bisnis.com, Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) atas nama Menteri Keuangan telah menetapkan hasil pemesanan pembelian ORI019 senilai Rp 26 triliun. Angka tersebut jauh melewati target awal yang ditetapkan yang hanya Rp10 triliun.

Luky Afirman, Dirjen PPR, mengungkapkan bahwa penerbitan ORI019 telah memecahkan rekor penerbitan SBN ritel secara daring, baik dari sisi nominal, jumlah total investor, maupun jumlah investor baru yang didominasi generasi milenial.

Padahal, kata dia, Seri ORI019 adalah seri SBN ritel dengan kupon terendah sepanjang penerbitan SBN ritel tradable dan merupakan terbitan pertama di awal tahun.

Baca juga: Penjualan SBN Ritel Seri ORI019 Lebihi Target

Dalam keterangannya, DPPR mencatat setidaknya ada 48.731 investor yang berinvestasi pada ORI019, dimana terdapat 22.268 atau 45,7 persen investor merupakan investor baru.

Jumlah tersebut turut membuat ORI 019 memegang rekor sebagai SBN ritel dengan jumlah investor terbanyak.

“Angka yang menggembirakan sebagai hasil dari upaya yang dilakukan terus menerus oleh pemerintah dan otoritas keuangan dalam memberikan edukasi investasi kepada masyarakat,” kutip keterangan DJPPR sebagaimana diberitakan Bisnis, (23/2). (W/ZA)

Baca juga: Apindo Nilai PP 34/2021 Tentang Penggunaan TKA Akan Untungkan Pekerja Lokal

Comments are closed.