Thursday, June 17, 2021
Home Corporate in Action Ruangguru Dapat Suntikan Dana dari Lippo Grup Rp 700 Miliar

Ruangguru Dapat Suntikan Dana dari Lippo Grup Rp 700 Miliar

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Startup pendidikan, Ruangguru, mendapat suntikan dana dari Grup Lippo, melalui Multipolar (MLPL), sebesar Rp 700 miliar. Melalui suntikan tersebut, Ruangguru berpeluang menjadi unicorn Indonesia ketujuh.

Adrian Suherman, Direktur Utama Multipolar mengatakan bahwa melalui anak usaha, Nusa Jaya Cipta, turut berinvestasi Rp 21 miliar ke Ruangguru. Dari jumlah itu maka menguasai kepemilikan saham sebesar 3,38 persen.

“Ke depan, MLPL akan terus mengantar Ruangguru hingga menyandang status unicorn.” kata dia dalam keterangan informasi di BEI kemarin (27/5).

Hingga kini, Indonesia sudah punya satu decacorn yaitu Gojek. Selain itu, ada lima unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, OVO dan J&T. Sedangkan Gojek dan Tokopedia beberapa waktu lalu merger menjadi GoTo.

Baca juga: Kapitalisasi Pasar GoTo jika IPO diperkirakan Setara BRI

Untuk diketrahui, pada Bulan lalu (19/4), Ruangguru meraih pendanaan sekitar Rp 801miliar yang dipimpin oleh Tiger Global Management. Termasuk didalamnya yakni GGV Capital, serta penanam modal awal yakni East Ventures, Venturra Capital dan UOB Venture Management.

Dikutip dari Katadata, dana tersebut digunakan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Ruangguru pun tercatat terus melakukan ekspansi dengan membuka lowongan kerja bagi ratusan pekerja di Vietnam dan Thailand. Selain itu, perusahaan turut mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam dan Thailand dalam segmen K-12 atau TK hingga kelas 12.

Co-founder sekaligus CEO Ruangguru, Belva Devara, menuturkan bahwa perusahaan terus tumbuh secara kuat tahun lalu.

“Investasi ini akan membantu kami mengembangkan bisnis lebih jauh dan memberikan dampak yang berarti dalam pendidikan, melalui teknologi.” Tuturnya pada bulan lalu (19/4).

Ruangguru hingga kini melayani lebih dari 22 juta pengguna. Net Promoter Score (NPS) perusahaan juga disebut mencapai level tertinggi di semua kategori. Pertumbuhan pendapatan juga berlipat ganda.

Berdasarkan data Crunchbase, valuasi Ruangguru mendekati US$ 1 miliar (Rp 14 triliun) atau skala unicorn. Sejauh ini, Ruangguru telah mendapat sembilan kali investasi. (W/ZA)

Baca juga: Bagikan Informasi Saham Terkini ke Nasabah, Mandiri Sekuritas Hadirkan MOST Forum

Most Popular