Thursday, June 17, 2021
Home Corporate in Action Kapitalisasi Pasar GoTo jika IPO diperkirakan Setara BRI

Kapitalisasi Pasar GoTo jika IPO diperkirakan Setara BRI

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Sejumlah pakar memperkirakan nilai kapitalisasi pasar Grup GoTo apabila melakukan go public dapat setara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI). Melalui aksi itu, maka diyakini akan semakin menggairahkan pasar.

Hans Kwee, Direktur Anugerah Mega Investama, mengungkapkan bahwaa Grup GoTo yang membawahi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial tersebut diperkirakan memiliki valuasi sekitar US$20 miliar atau sekitar Rp280 triliun.

Menurutnya, ketika GoTo melakukan initial public offering (IPO) maka target valuasi pasarnya berpotensi naik dua kali lebih besar dari perkiraan valuasi saat ini. Hal itu turut didukung waktu yang dimiliki GoTo untuk membenahi fundamental sehingga dapat menjadi lebih atraktif.

Baca juga: Tiket.com akan Merger dengan COVA Acquisition Corp demi IPO

“Kalau target jadi dobel dari perkiraaan valuasi mergernya, artinya bisa capai Rp580 triliun. Kalau jadi masuk yang bisa setara BBRI, atau atleast bisa masuk 5 besar Big Caps. Belum lagi jika sudah diperdagangkan dan laris, masih bisa naik lagi pastinya.” terang Hans Kwee, dikutip dari Bisnis (19/5).

Merujuk data Bloomberg, kapitalisasi pasar BBRI saat ini berada di Rp 481,05 triliun atau di posisi kedua. Posisi itu di bawah PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dengan kapitalisasi pasar Rp 801,29 triliun.

Hans berkeyakinan bahwa IPO GoTo akan menggairahkan pasar modal dalam negeri. Selain iur juga akan meningkatkan kapitalisasi pasar secara keseluruhan maupun bagi indeks IDXTechno.

Selain itu, suksesnya aksi IPO GoTo dan diserap baik oleh pasar, akan membuat startup lain bersemangat untuk melantai di bursa. (W/ZA)

Baca juga: BEI Catat 25 Perusahaan Masuk Daftar Evaluasi untuk IPO

Most Popular