Tingkatkan Layanan Nasabah Milenial, BNI Syariah Fokuskan Transformasi Digital Marketing dan Human Capital
BusinessNews Indonesia– BNI Syariah percaya bahwa dengan Digital Transformation baik dari segi Human Capital maupun Marketing dapat meningkatkan nilai kepuasan layanan terhadap nasabah. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Andriyanto Daru Kurniawan, selaku Pimpinan Divisi Human Capital BNI Syariah dalam acara penjurian virtual Digital Marketing & Human Capital (DMHC) Award 2020, Rabu (11/11/20).
Acara dengan dengan tema ‘’Transforming Human Capital Value through Digital Marketing’’ ini diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association) dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia). Serta didukung oleh para pakar dan professional di bidang Digital Marketing, Human Capital, ICT, Riset & Inovasi, yang tergabung di dalam Dewan Juri Digital Marketing & Human Capital Awards 2020. Selain itu. acara ini juga didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Digital Marketing, Manajemen, dan Human Capital.
Ardianto menjelaskan bahwa Human Capital yang dijalankan oleh BNI Syariah sudah menggunakan semua media berbasis digital. Pada tahun 2018 sudah dibentuk divisi khusus yang menangani sistem IT BNI Syariah.
Baca juga : Dukung Pengembangan Digital, BNI Syariah Partisipasi di Indonesia Fintech Summit 2020
“Kami di divisi HC sudah memulainya dengan berbagai aplikasi digital dan sudah sangat paperless. Tahun 2018 kami sudah membentuk divisi khusus IT,” ungkapnya.
Selanjutnya guna meningkatkan kualitas SDM BNI Syariah juga melakukan beberapa program, diantaranya berupa Hasanah Development Program, yang bertujuan guna meningkatkan mutu tenaga kerja sekaligus memupuk rasa solidaritas sumber daya manusia yang ada.
“Pada tahun 2017 terjadi sebuah pembajakan. Maka dari itu kita membentuk sebuah program bernama Hasanah Development Program,” ujarnya.
Terdapat pula aplikasi Hasanah Employee yang digunakan untuk mengurur berbagai keperluaan pegawai seperti presensi digital, pengajuan cuti, berita internal pegawai, dan slip gaji.
Kemudian pada tahun 2020, BNI Syariah telah melaunching Hasanah Digital Learning sebagai Learning Management System BNI Syariah yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas karyawan dengan berbagai program yang tersedia seperti training maupun coaching.
Digitalisasi juga sudah menjadi kebutuhan sangat mendesak di era milenial saat ini. Menurut Ardianto, BNI Syariah sudah mulai dengan penataan organisasi melalui pembentukan divisi Digital Bisnis. Kemudian lanjut menyusun strategi operasional digital banking. Hal ini sangat mudah dilakukan, mengingat BNI Syariah memiliki 85% SDM generasi milenial.
Kemudian dari sisi digital marketing, BNI Syariah telah memiliki berbagai layanan bagi nasabah yang mengedepankan digital. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik apalagi dengan adanya pandemi seperti sekarang. Digital menjadi hal utama yang sangat dicari.
“BNI Syariah memiliki berbagai macam channel komunikasi untuk promosi supaya dikenal oleh sluruh customer, seperti sms blast, email blast, google ads, website, Instagram, facebook, twitter, dan youtube,” jelas Iqbal Taqiudin selaku Pimpinan Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi BNI Syariah.
Selain itu, terdapat pula berbagai aplikasi berbasis digital yang telah digunakan oleh BNI Syariah seperti Hasanah Mobile, Hasanah Online, dan HasanahKu. Berbagai aplikasi ini menurut Eva Kirana Noer Aulia selaku Digital Innovation Manager BNI Syariah, sangatlah membantu nasabah yang tidak dapat secara langsung pergi ke kantor BNI Syariah, dan inilah senjata dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Adanya digital marketing juga memudahkan komunikasi dua arah Antara BNI Syariah dan nasabah. Karena seperti yang kita ketahui, pada era milenial seperti sekarang, digital adalah solusi yang tepat untuk mencapai sebuah tujuan, serta untuk terus dilakukan untuk menjaga kenyamanan nasabah yang kini serba milenial.
“Kami sudah membosting dengan digital marketing. Hal ini lebih efektif kami gunakan, dan memiliki banyak kelebihan sesuai dengan apa yang telah menjadi tujuan BNI Syariah selama ini, yaitu menjaring generasi milenial yang sudah sangat akrab dengan internet dan dunia digital,”jelas Iqbal.
Terakhir, Iqbal mengucapkan rasa terima kasih karena telah BNI Syariah telah diundang sebagai salah satu peserta award, dan berharap dengan adanya award ini akan membantu mensosialisasikan tentang layanan dan produk-produk syariah.
Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Digital Marketing & Human Capital Award 2020), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP.(Lecturer at Faculty of Economics and Business, University of Indonesia, Endro Gunawan, BSc, MSc, Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System), (CEO Portege Cld Teknologi). (DAF)
Comments are closed.