Monday, April 19, 2021
Home Cooperation BEI Akan Perbanyak Indeks Saham Syariah

BEI Akan Perbanyak Indeks Saham Syariah

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi, menuturkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan lebih banyak indeks saham syariah yang akan dijadikan tolok ukur aktivitas pasar modal syariah.

Dalam keterangan tersebut, ia mengatakan bahwa BEI akan segera meluncurkan indeks saham syariah baru hasil kerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Nantinya, indeks baru IDX MES tersebut akan berisi 17 saham syariah dari emiten perusahaan BUMN.

“Indeks saham syariah IDX MES BUMN 17 ini akan kita luncurkan pada 29 April 2021 saat bulan Ramadhan,” terangnya, dikutip dari Republika (8/4).

Indeks MES akan menjadi indeks saham syariah yang keempat setelah sebelumnya BEI menghadirkan tiga indeks Syariah, yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), dan JII30.

Melalui peluncuran indeks baru tersebut, Fawzi menuturkan harapannya bahwa kehadirannya akan disambut dengan baik oleh pelaku bursa maupun investor.

Baca juga: Pemerintah Salurkan Bantuan BPUM Kepada 12,8 Juta Penerima

Seperti diketahui bahwasanya indeks merupakan dasar pembuatan reksa dana syariah juga ETF baru. Sehingga, dengan hadirnya indeks baru maka akan semakin besar besar dan variatif jenis produk dari pasar modal syariah. Selain itu, indeks juga bisa menjadi acuan investor dalam bertransaksi.

Nantinya, Indeks IDX MES BUMN 17 akan berisi sejumlah emiten pilihan yang diseleksi ketat baik dari sisi kinerja maupun sisi pengawasan yang akan meliputi  tingkat kewajaran transaksi hingga performa fundamental.

Ke depannya, Kata Fawzi, BEI berkomitmen tinggi untuk terus mengembangkan pasar modal syariah baik dari sisi infrastruktur maupun layanan. Salah satu caranya melalui pembentukan indeks saham syariah yang lebih bersifat tematik.

“Ke depannya kita juga sedang mengolah indeks dengan tema-tema baru, ada satu indeks saham syariah lagi yang akan kita kembangkan bertema Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG),” tambah dia.

Nantinya, tema ini akan melengkapi indeks IDX ESG Leaders yang sudah diluncurkan terlebih dahulu dengan 30 saham penilaian ESG terbaik. BEI juga tengah meramu indeks pelengkapnya IDX ESG Sharia Leaders. (W/ZA)

Baca juga: Antam Bagi Dividen Sekaligus Rombak Direksi dalam RUPST

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar Subsidi Ongkir Belanja Lebaran Online

1 COMMENT

Comments are closed.

Most Popular