Ikuti Penjurian GRC Award 2021, PTPN X Jadikan GCG Sebagai Budaya Perusahaan

BusinessNews Indonesia – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengikuti penjurian GRC and Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia. Dalam acara tersebut, PTPN X tampil sebagai peserta penjurian perdana yang diselenggarakan melalui Zoom di Jakarta, (15/06/2021).

Dengan pelbagai inovasi dan transformasi digital PTPN X yang diterapkan dalam seluruh lini bisnisnya, baik dalam business process maupun business modelnya sangat yakin dapat menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) sebagai budaya (culture) perusahaan. Hal itu disampaikan langsung oleh SE SEVP Business Suport PTPN X Septo Kuswitjahjono dalam sesi tanya jawab penjurian.

“Dalam hal penerapan GRC ini, dalam setiap tahunnya, kami (PTPN X) bertujuan untuk menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) dalam budaya perusahaan”, kata Septo.

Dalam menjalankan pedoman Tata Kelola Perusahaan, PTPN Xsebagai perusahaan yang memiliki visi “Menjadi perusahaan agribisnis Nasional berbasis tebu dan tembakau yang unggul dan berdaya saing di tingkat Regional” ini memiliki beberapa kebijakan dan implementasi GCG, Manajemen Risiko, serta Manajemen Kepatuhan di antaranya: Pertama, manajemen PTPN X menjalankan setiap tugas dan tanggung jawabnya secara profesional, transparan, dan efisien yang telah diatur dalam Code of Corporate Governnce (CoCG) dan Board Manual.

Kedua, PTPN X melakukan sosialisasi terkait CoCG dan Board Manual kepada stakeholder supaya praktik GCG dapat diterapkan dalam setiap proses bisnis. Ketiga, PTPN X selalu melakukan review dan evaluasi penerapan GCG setiap tahunnya, serta dilakukan penilaian oleh assessor independen yang telah ditunjuk Dewan Komisaris.

Keempat, PTPN X melakukan pemetaan dan mitigasi resiko yang timbul dalam setiap proses bisnis yang dijalankan. Dan yang Kelima, PTPN X meraih skor 87,75 untuk penerapan GCG Tahun 2020 dengan aspek penilaian komitmen penerapan GCG, Pemegang Saham dan RUPS, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, Direksi, Pengungkapan Informasi dan Transparansi, dan Aspek lainnya.

Selain itu, perusahaan yang memiliki tagline #SEPULUHBISA ini juga telah melakukan terobosan dan prestasi terkait GRC seperti, memiliki Integrated Management System (IMS) ISO 9001:2015 dan ISO14001:2015 serta telah memiliki sertifikat pendaftaran Anti Bribery Management System ISO 37001:2016.

GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya; Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2021), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP. (Chairman Board of Jury, Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association Advisory Board and Deputy Director of the Communication Bankers Association for Risk Management), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), Dr. Ir. Ashwin Sasongko, MSc (Head of ICT at National Research Council / DRN-Dewan Riset Indonesia Head of Research Center for ICT Public & Business Policy, Telkom University), dan Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (CEO CPM Consulting, Lecturer Mechanical Engineering PEDC ITB (1991-1994). (RB)

Comments are closed.