Deputi Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Apresiasi GRC & Performance Excellence Award 2021

BusinessNews IndonesiaDeputi Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely mengapresiasi atas terselenggaranya penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2021. Ia menyebut bahwa governance, risk, and compliance merupakan topik yang cukup penting di Kementerian BUMN.

GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang,” ujar Nawal Nely secara virtual, Kamis (05/08).

Ia juga menyampaikan tentang core value AKHLAK yang diluncurkan pada tahun 2020 bersamaan dengan logo BUMN yang baru.

“Saya ingat pada tahun 2020 lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” imbuhnya.  

Amanah berarti BUMN berpegang teguh terhadap kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Kompeten yaitu cakap teknis dan terus belajar mengembangkan kapabilitas teknis. Harmonis berarti pentingnya keserasian dalam kerjasama agar saling peduli dan menghargai perbedaan. Kemudian Loyal berarti mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif mengharuskan insan BUMN untuk berani berinovasi. Dan Kolaboratif, berarti insan BUMN harus membangun kerjasama yang sinergis mengingat masalah sekarang semakin kompleks, maka kolaborasi sangat perlu biar tidak kalah dari masalahnya.

Tak hanya berhenti di sana saja, Nawal juga menyampaikan peluncuran buku Akhlak untuk Negeri pada Januari 2021 lalu.

“Pada Januari 2021 lalu, Menteri BUMN Bapak Erick Thohir juga telah meluncurkan buku Akhlak untuk Negeri yang ditujukan untuk para insan BUMN agar mengedepankan Akhlak dalam bekerja sehingga BUMN bisa mendunia,” imbuhnya.

Menurut Nawal Nely, Core Value AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

“Secara prinsip, GRC menuntut perusahaan agar mampu menjalankan aktivitas tata kelola perusahaan dengan baik, memanajemen risiko perusahaan dan mematuhi perundang-undangan dalam perusahaan. Dengan implementasi GRC tersebut, perusahaan dapat survive dalam kondisi apapun, serta sustain untuk mengembangkan bisnisnya,” terangnya.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Karyawan Isoman BUMN di Sumatera Selatan Terjamin Obat & Perawatan

Nawal Nely turut mengapresiasi GRC & Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah BusinessNews Indonesia. Acara ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan yang hasilnya bisa menjadi tolok ukur perusahaan tiap tahunnya, baik BUMN, BUMD, dan swasta.

“Acara ini juga dapat men- encourage peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi. Kami bangga terhadap penyelenggara karena kegiatan ini didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya yang tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, acara ini dihadiri secara virtual oleh Komisaris Utama Pegadaian Loto Srinaita Ginting, Komisaris Utama Bank Mandiri M Chatib Basri, Direksi para pemenang, tamu undangan, dan peserta lainnya yang lebih dari 100 orang.

Adapun peserta yang hadir offline dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas ruangan, yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Termasuk dilakukan swab antigen test sebelum ke Ballroom acara dan penerapan 5 M. (ZA)

Baca juga: Terapkan Governance, Risk and Compliance, Sejumlah Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

Comments are closed.