Cogindo Integrated Solution Kunci Sukses Menuju Perusahaan Terbaik di Asia 2025

Cogindo Integrated Solution Kunci Sukses Menuju Perusahaan Terbaik di Asia 2025
Cogindo Integrated Solution Kunci Sukses Menuju Perusahaan Terbaik di Asia 2025

BusinessNews Indonesia- PT Cogindo Daya Bersama terus berupaya menjadi perusahaan paling handal dalam penyediaan Layanan Integrated Energy Solutions di Asia tahun 2025. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Ade Hendratno, selaku Direktur Utama dan Direktur SDM PT Cogindo Daya Bersama (23/10/20), dalam acara penjurian virtual Digital Marketing & Human Capital (DMHC) Award 2020.


Acara dengan dengan tema ‘’ Transforming Human Capital Value through Digital Marketing’’ ini diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association) dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia). Serta didukung oleh para pakar dan professional di bidang Digital Marketing, Human Capital, ICT, Riset & Inovasi, yang tergabung di dalam Dewan Juri Digital Marketing & Human Capital Awards 2020. Selain itu, acara ini juga didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Digital Marketing, Manajemen, dan Human Capital.

Ade Hendratno menjelaskan bahwa semenjak 2018, PT Cogindo telah melakukan berbagai inovasi pada bidang digital, dan pada tahun 2025 diharapkan sudah dapat menjalankan berbagai roadmap yang telah disusun sedemikian rupa. Khususnya tentang bagaimana system digital.
“Sebetulnya sudah diatur sistem digital marketing semenjak tahun 2018 dan diharapkan tahun 2025 sudah sepenuhnya dapat menjalankannya dengan baik, karena tahun 2020 ini tim sudah bergeser ke IT,”jelasnya.

PT Cogindo guna menjawab berbagai tantangan menuju Cogindo Integrated Solution tahun 2025, telah memiliki 255 inovasi dalam enam tahun terakhir, dan memiliki beberapa level inovasi bisnis antara lain Repair Services, Centralized Asset Management, Cogindo Menerangi Nusa, Papua, dan Nias, Vocation Joint Development Program, Industrial Cleaning, dan Project Overseas (Kuwait, Vietnam & Saudi Arabia.


Dari sisi digital marketing, PT Cogindo telah menggunakan berbagai jenis media digital marketing. Dalam hal ini. Instagram dan e-commerce menjadi andalan yang digunakan dan telah memiliki pengikut yang banyak. Hal inilah yang dijadikan peluang untuk melebarkan sayap dalam hal penjualan.
“Kita fokus di sosial media terutama instagram serta e-commerce yang memang diarahkan untuk bisnis, karena total followers yang ada lumayan banyak dan menjadi kelebihan dari kita. Selama tiga bulan ini mengalamai kenaikan yang signifikan.”ucapnya.


Sedangkan terkait dengan pengelolaan Human Capital, PT Cogindo telah melakukan berbagai pembaruan pada berbagai sisi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menggunakan aplikasi bernama i-Morning, dan hal ini sangat terpakai dengan adanya pandemi Covid-19.
“Kita telah menggunakan berbagai aplikasi dari mulai masa rekrutmen sampai karyawan tersebut bergabung menjadi karyawan,”ujarnya.


Kemudian, aplikasi i-Morning juga memiliki berbagai keunggulan lain seperti sistem absensi, wadah pelatihan-pelatihan perusahaan, penilaian kinerja, dan berbagai aktivitas lain yang biasa dilakukan secara tatap muka. Hal ini menjadi angin segar bagi perusahaan sekaligus memudahkan manajemen dalam mengelola pegawai.


“Kita menggunakan berbagai aplikasi, salah satunya i-Morning yang dapat digunakan untuk perekrutan karyawan sampai dengan mereka bekerja di perusahaan. Hal ini diharapkan memudahkan dalam pengelolaan pegawai. Apalagi kita adalah perusahaan dengan jumlah pegawai yang banyak dan membutuhkan aplikasi yang powerfull. Semua kita masukkan ke aplikasi yang terintegrasi,”ucap Ade Hendratno.

Berbagai stategi lain juga digunakan untuk menuju Cogindo 4.0, stategi tersebut antara lain Cogindo Asset Monitoring, M-Action, Project Management, Enterprise Resource Planning (ERP), Manohara, E-Commerce CIS, Simulator Room, CMMS MAXIMO, Document Tracking, dan ACE Room.


Terakhir, dia berharap bahwa budaya perusahaan yang baru akan tetap dapat dijalankan. Berupa budaya perusahaan yang sangat berubah drastis dengan adanya kondisi Covid-19.
“Ada budaya perusahaan yang harus tetap kita lakukan. Apalagi dengan adanya kondisi seperti sekarang,”ungkapnya.


Ade Hendratno juga merasa sangat berterima kasih telah diberi kesempatan untuk mengikuti ajang penjurian ini dan berharap dapat menjadi perusahaan yang lebih baik lagi kedepan nya.
“Kami berharap dengan adanya event ini, kami dapat mengukur apakah arah kita sudah benar atau belum, dan kedepannya, Cogindo akan lebih baik,”imbuhnya.


Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya, Ir. Haryono MSc. (Bioinformatics and Data Science Research Center, Binus University), Sofyan Rohidi, MM (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan Ir. Irnanda Laksanawan MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Digital Marketing & Human Capital Award 2020), Sophan Supandi, M.M, CPM (Asia), CPC (President of IMA (Indonesia Marketing Association) Chapter DKI Jakarta). (DAF)