NCC 2024

Ingin Tinggal di Planet Mars? NASA Buka Lowongan untuk Jalankan Misi Ini

BusinessNews Indonesia –  Untuk menjalankan misi Crew Health and Performance Exploration Analog (Analog Eksplorasi Kesehatan dan Kinerja Kru) yang akan dimulai pada musim gugur tahun 2022, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah membuka lowongan untuk empat orang yang ingin merasakan pengalaman hidup di planet Mars selama setahun. 

Orang-orang yang terpilih nantinya akan tinggal di area yang telah didesain sedemikian rupa hingga mirip seperti di planet merah. Area tersebut bernama Mars Dune Alpha dengan luas sekitar 1,700 kaki persegi atau sekitar 158 meter persegi di Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat (AS). 

“(Misi) analog sangat penting untuk menguji solusi dalam menghadapi sulitnya hidup di planet Mars. Simulasi di bumi akan membantu kami untuk memahami dan menghadapi tantangan mental dan fisik yang akan dialami para astronot sebelum terbang,” ujar Grace Douglas, ilmuwan dari Advanced Food Technology (Teknologi Pangan Lanjutan) milik NASA, dikutip dari situs web resmi NASA, Jumat (6/8). 

Lowongan untuk misi ini dibuka sejak 6 Agustus hingga 17 September 2021.  Proses seleksi akan mengikuti standar NASA untuk astronot. Pelamar diharuskan warga negara atau penduduk tetap AS, sehat, tidak merokok, berusia 30-55 tahun, dan lancar berbahasa Inggris.

Baca Juga : Dolar AS Menguat Didorong Data Tenaga Kerja

Mereka diharuskan memiliki gelar di bidang Sains, Teknik, dan Matematika (STEM), termasuk ilmu biologi, teknik, ilmu komputer atau matematika dari institusi yang berakreditasi. 

Bukan hanya itu, mereka juga harus memiliki pengalaman profesional dalam bidang STEM atau sedikitnya meraih 1.000 jam terbang sebagai pilot pesawat jet. (EA)

Baca Juga : SpaceX Jadikan Dogecoin Alat Pembayaran

Comments are closed.