NCC 2024

Sukses Terapkan GRC di Era Pandemi, Kinerja Positif Pertamina Hulu Energi Naik 104%

BusinessNesws Indonesia – Di tengah gempuran krisis pandemi, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan salah satu perusahaan yang bertahan, tetap sehat dan sukses dalam menerapkan Good Corporate Governance (GRC) dalam menghadapi pandemi. Oleh karena itu, dalam catatan financial position tahun 2020, asset PHE naik 104% dari tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan PT Pertamina Hulu Energi Harry Mozarta Zen dalam penjurian GRC and Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

“Dalam label ini, asset kami di tahun 2020 terhitung naik 104% dari tahun 2019,” kata Harry pada Selasa (29/06), secara virtual.

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero), PHE juga mencatatkan kinerja positif untuk periode Tahun 2020, tepatnya tahun ketika krisis pandemi mulai melanda dunia. Realisasi final Key Performance Indicator PHE juga mencapai 102% yang merupakan perhitungan final dari indikator-indikator baik itu operasional, keuangan dan indikator lainnya.

Capaian ini merupakan hasil dari pengelolaan 57 anak perusahaan, 6 perusahaan patungan dan 2 perusahaan afiliasi. Adapun Wilayah Kerja (WK) yang dikelola oleh PHE di tahun 2020 adalah 23 WK Produksi, 8 WK Eksplorasi dan 6 WK Gas Metana Batu bara. Dari keseluruhan WK tersebut, sebanyak 21 WK adalah sebagai Operator dan 16 WK Non Operator.

Sepanjang tahun 2020, PHE berhasil memproduksikan minyak dan gas secara kumulatif sebesar 213,8 MBOEPD atau 101% dari target. Capaian kumulatif tersebut terdiri dari produksi minyak sebesar 81,01 MBOPD dan produksi gas sebesar 769,2 MMSCFD atau 101% dari target 755,8 MMSCFD pada RKAP 2020.

Produksi ini diikuti oleh capaian lifting yang mencapai 177,60 MBOEPD atau 104% dari target 170,18 pada RKAP 2020. Angka lifting migas tersebut terdiri dari lifting minyak sebesar 80,89 MBOPD atau 101% dari target dan lifting gas sebesar 560,33 MMSCFD atau 107% dari target.

Kemudian dalam menerapkan budaya GRC, perusahaan yang memiliki visi “Menjadi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Kelas Dunia” ini berpijak pada corporate values dan core values BUMN AKHLAK. Corporate values ini terdiri dari integrity, agile, sincere, driven, dan professional. Sementara core values BUMN AKHLAK terdiri dari amanah, kompeten, harmoni, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Bagi PHE, governance (tata kelola perusahaan) merupakan upaya untuk meningkatkan keberhasilan bisnis dan akuntabilitas perusahaan. Kemudian proses manajemen risiko (risk) untuk melindungi dari risiko signifikan yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan. Sementara compliance, berguna untuk memastikan aktivitas bisnis dijalankan berdasarkan kepatuhan dan mengikuti batasan-batasan (boundary) yang telah ditetapkan.

Sehingga tingkat maturitas pelaksanaan manajemen risiko PHE berdasarkan kerangka kerja ISO 31000:2018 adalah 3,92 (Mature Growth). Dengan perincian untuk aspek Principles berada dalam tahap Advance, aspek Framework dalam tahap Mature Growth, dan aspek Process dalam tahap Mature Growth.

Sebagai tambahan informasi, GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan Businesssnews Indonesia di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Adapun dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya; Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2021), Dr. Ir. Haryono Soeparno, MSc (Senior Researcher, Bioinformatics and Data Science Research Center, Ir. Achmad Purwono, MBA, (Lecturer at University of Indonesia, Consultant – PPM Human Capital Director PT Jasa Marga), Raharjo Satrio Unggul, SE (Risk Certification Board Committee), dan Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System). (RB)

Comments are closed.