Pemerintah Optimalkan TIK dalam Penanganan Pandemi Covid-19

BusinessNews IndonesiaPemerintah Indonesia mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna menangani dampak pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pada Kamis (21/01).

Johnny menyampaikan, pemerintah menggunakan TIK untuk mendukung pemulihan sektor kesehatan dan vaksinasi. Selain itu, TIK juga digunakan untuk memulihkan ekonomi nasional dengan fokus pada UMKM serta pengembangan startup digital.

“Proses transformasi digital juga terlihat dalam penanganan pandemi bangsa. Karena Indonesia secara konsisten menerapkan solusi berbasis digital sejak awal pandemi,” paparnya dalam 1st ASEAN Digital Minister’s Meeting (ADGMIN) secara virtual.

Melalui siaran pers, Menteri Johnny menyatakan, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan platform tracking-tracing-fencing PeduliLindungi. Ada juga pengembangan platform informasi satu atap “Bersatu Lawan Covid-19” atau “United Against Covid-19”.

Baca juga: Vaksin Buatan Jerman, China dan RusiaAkan Dapat Izin Pakai Darurat WHO

Dalam proses Vaksinasi Covid-19, Menteri Kominfo menunjukkan teknologi digital berperan penting dalam melaksanakan secara efisien.  Karena terdapat sekitar 181,5 juta penerima dari total 270 juta penduduk Indonesia.

Pemerintah Indonesia memanfaatkan “Satu Data Vaksin Covid-19” yang komprehensif sebagai platform terintegrasi untuk menangani pengelolaan vaksinasi.

One Data Digital System for Vaccination, sebagai platform terintegrasi untuk menangani pengelolaan vaksinasi, mulai dari pendaftaran vaksin, pendistribusian vaksin, hingga penerbitan sertifikat bagi penerima,”  papar Johnny. (Ed.ZA)

Baca juga: Telkomsel Akan Gelar 5G Tahun Ini

Comments are closed.