NCC 2024

Semen Indonesia Sabet Tiga Penghargaan Digital Marketing & Human Capital Award 2020

BusinessNews Indonesia – Melalui pelbagai transformasi digital dalam proses bisnis juga peningkatan human capital agar perusahaan tetap survive dan sustainable, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., diganjar tiga penghargaan di ajang bergengsi Digital Marketing & Human Capital (DMHC) Award 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, 25 November 2020.

Tiga penghargaan yang diperoleh SIG itu pada katagori Manufacture & Processes Industries sebagai The Best Overall for Corporate in Digital Marketing & Human Capital dengan predikat 5 bintang platinum. The Best Chief Marketing Officer, diberikan kepada Direktur Pemasaran & Supply Chain SIG, Adi Munandir atas segala inisiatif yang transformatif di perusahaan SIG. Terakhir penghargaan itu diberikan kepada Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan sebagai The Best Chief Human Capital Officer, yang sama-sama telah menyiapkan SDM perusahaan yang excellent.

Baca juga : Dorong Semangat Go Beyond Next, SIG Terapkan Transformasi Human Capital di Era Digital

Semoga prestasi ini bisa meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan kami terhadap para pelanggan maupun mitra bisnis kami yang lainnya,” ujar Adi Munandir usai acara atas kerjasama IMA (Indonesia Marketing Association), FHCI (Forum Human Capital Indonesia) dan Asosiasi Digital Marketing Indonesia (aDIGIMIND) itu.

Sebelumnya, Direktur SDM & Hukum SIG Tina T Kemala Intan menyebutkan bahwa SIG memiliki visi pada tahun 2024 menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional. Ini akan terwujud melalui pilar strategi dan pondasi yang diterapkan perusahaan.

“Pilar strategi ini terdiri dari next generation operation improvement, end-to-end supply chain optimization, innovative retail & distribution business models, lock-in downstream cement market, dan industry greenification,” ujar Tina.

Sementara dalam hal pondasi perusahaan, SIG menyiapkan digital and advanced analytic capability, world class human capital (talent, culture, & performance management), strong governance and subsidiary management, dan financial resiliency.

Tina juga menyebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai visi perusahaan tersebut. Pertama, tantangan human capital untuk bertransformasi secara digital. Kedua menyelaraskan antara strategi human capital dengan inisiasi strategi perusahaan. Ketiga mendefinisikan ulang human capital operating models yang baru. Keempat menyiapkan roadmap transformasi.

Dalam sambutannya, Ketua Penyelenggara DMHC Award 2020 Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Marketing dan Human Capital dengan tujuan untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya karena adanya pandemic covid-19 yang sangat mematikan.

“Award ini juga bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan digital marketing & human capital untuk menyambut era New Normal atau kebiasaan baru sehingga factor kunci kesuksesan bisnis konvensional tidak akan sanggup bertahan dan bersaing jika tidak mengadopsi secara terintegrasi penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia maupun proses bisnisnya melalui Corporate Transformation yang mengubah culture dan competencies seluruh organisasi menuju era industry 5.0 yang dipercepat implementasinya karena pandemi Covid-19 d”,kata Irnanda.

Hal yang sama disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang menjadi Keynote Speaker dalam acara tersebut (via zoom), menyampaikan bahwa ajang Digital Marketing & Human Capital Award 2020 ini bertujuan untuk mengukur daya saing pelaku branding and marketing BUMN agar terjadi pertukaran ide, pemikiran, pengalaman, serta menjadi inspirasi bagi BUMN lain di bidang marketing dan human capital.

“Sejak Maret 2020, bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang berat, Covid-19. BUMN Indonesia sebagai salah satu pilar pembangunan Indonesia harus menunjukan kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk membantu mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi. Ajang ini mendorong BUMN memacu kreatifitas, inovasi, enterpreneurship dan leadership untuk mencapai kinerja BUMN lebih tinggi dari tahun ke tahun,” ucap Agus Suparmanto. (ed.AS/businessnews.co.id)

Comments are closed.