NCC 2024

Hadirkan Menparekraf Sandiaga Uno, PPI Institute 2024 Bahas Inovasi Pariwisata

BusinessNews Indonesia — Pemuda memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Mereka merupakan generasi penerus yang memiliki kreativitas, inovasi, dan energi yang bisa dijadikan modal untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Pemuda dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan tempat wisata Indonesia ke seluruh dunia, pemuda dapat memanfaatkan media online untuk menyebarkan potensi pariwisata Indonesia ke banyak orang di seluruh dunia, menghasilkan produk pariwisata yang menarik.

Produk pariwisata dapat dibuat oleh pemuda, menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada keberlanjutan pariwisata, mengembangkan komunitas pariwisata lokal, pemuda juga dapat mengorganisir komunitas pariwisata lokal untuk bekerja sama untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah mereka, berperan dalam pengembangan infrastruktur pariwisata.

Dengan peran pemuda yang aktif, pariwisata Indonesia diharapkan dapat terus berinovasi dan berkembang agar menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia seperti yang disampaikan pemateri yang luar biasa dalam PPI Institue 2024 seri kelima pada tanggal (17/02), diantaranya Dr. H. Sandiago Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Muhammad Riza Damanik, Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM) dan Radya Mahardika, Direktur Inovasi dan Bisnis PPI Dunia.

Radya mengatakan potensi Indonesia luar biasa sekali sehingga bagus untuk mengembangkan bisnis secara sekala International, jadi kalau para peserta PPI Institut tertarik dalam dunia bisnis dapat to do action langsung dan juga dapat menghubungi dia dalam berdiskusi.

Pemateri selanjutnya, Menparekraf Sandi menyebut bahwa Inovasi dalam bisnis sebuah upaya kreatif yang harus dilakukan di Indonesia. Gaspol gagasan dan inovasi, sehingga pariwisata Indonesia bisa menarik pasar International.

“Apalagi kita memiliki banyak objek pariwisata yang indah seperti Bali, Danau Toba, dan Borobudur sebagai candi Budha terbesar di dunia.  Jadi diperlukan adanya, Inovasi, kolaborasi, dan adaptasi, yakni gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap semua potensi lapangan kerja), ungkap Menparekraf Sandi.

Muhammad Riza Damanik, Staff Khusus Menkop dan UKM, menyampaikan bahwa penciptaan tenaga kerja melalui perubahan struktur pelaku usaha menciptakan transformasi lapangan kerja yang berkualitas melalui korporitasi dan hilirisasi.

“UMKM berbasis komoditas unggulan di tiap daerah.  Pelaku UMKM sekitar 50% di sekitar pertanian (perikanan, peternakan dan perkebunan) dan 50% sisanya di non pertanian.  Potensi Indonesia sangat luar biasa apalagi proposi anak muda dari total penduduk Indonesia  sekitar 62, 62% memiliki potensial luar biasa dan tantangan dalam menjadikan Indonesia Emas dalam beradaptasi dengan inovasi dan tantangan digitalisasi di era sekarang, ujar penjelasan Riza.

Mencontoh negara maju seperti Norwegia yang mengandalkan kekuatan ikan salmon dalam inovasi dan teknologinya apalagi Indonesia luar biasa sumber daya alamnya, contoh rumput laut kalau diolah lagi sebagai bioplastik misalnya maka ekonomi Indonesia akan bertumbuh, dan mendorong potensi SDA yang ada di Indonesia.

Contoh garam yang dari papua harganya sangat mahal berasal dari pohon dan ini memiliki potensi dalam mendorong keunggulan sumber daya alam yang hanya ada di Indonesia, yakni mendorong sektor pangan, pariwisata, teknologi, perikanan, pertanian maka sektor ekonomi Indonesia akan bertumbuh luar biasa sehingga harus kita garap untuk membuka peluang.

Dengan hal tersebut ekonomi kita akan berkembang dengan sangat produktif. Apalagi Indonesia merupakan peringkat ke 6 dalam jumlah perusahaan rintisan (start-up) terbanyak di dunia sekitar 2.581 start-up  ranking di tahun 2024 yakni 69, 2 % didirikan oleh anak muda berusaha 25-38 tahun jadi jangan berbangga diri terbanyak di dunia tetapi kita harus menjadi pemain utama di dunia dalam mengembangkan ekonomi Indonesia.

Digitalisasi mendorong nilai ekonomi yang baik pada pelaku usaha, menciptakan lapangan pekerja middle income jobs sebagai kekuatan yang dapat memberikan penghasilan pendapatan Indonesia, sehingga usaha kecil dan usaha besar dapat bertumbuh.

Mendorong jejaring kolaborasi, pemuda perlu membangun jejaring kolaborasi, setidaknya dengan 3 aktor utama dalam menciptakan dan mengembangkan jaringan kewirausahaan insklusif bekerjasama dengan non-pemerintah dan sektor swasta, sehingga bisa terjaring dalam program jaringan pemerintah serta organisasi transnasional

Pemuda harus berfokus pada pengembangan inovasi, terlebih dikarenakan generasi muda melek akan digitalisasi, maka potensi dalam mengembangkan komoditas lokal unggulan dapat melakukan melalui digitalisasi yang inovatif  dalam hal ini Indonesia unggul pada sektor agrikultural  dan perikanan, selain itu juga transfer knowladge juga sangat penting dalam memainkan peran kita  dalam mendukung dan mengembangkan  keterampilan serta pola pikir kewirausahaan, yang dapat berkontribusi pada penciptaan wirausaha baru.

Comments are closed.