NCC 2024

Perkuat Ketahanan Energi, Pertamina Hulu Energi Siap Maksimalkan Cadangan Migas pada 2024

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) berambisi mencapai potensi cadangan minyak dan gas (migas) yang besar pada tahun 2024 melalui strategi eksplorasi migas yang masif dan agresif, bertujuan untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

Muharram Jaya Panguriseng, Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE), menyampaikan sejumlah strategi perusahaan pada acara media gathering di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk menggali potensi penemuan sumber daya migas baru, khususnya cadangan migas besar (big fish), dengan fokus pada optimalisasi aset dan pemeliharaan laju produksi migas saat ini.

Muharram menjelaskan bahwa temuan sumber daya migas baru di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Kabupaten Bekasi dan Indramayu, menunjukkan optimisme terhadap potensi cadangan migas yang masih besar.

“Temuan cadangan migas baru di Kabupaten Bekasi dan Indramayu, Jawa Barat tersebut bahkan sempat viral beberapa waktu lalu,” ungkap Muharram.

PHE telah melibatkan diri dalam eksplorasi di area-area yang sulit dijangkau untuk meraih peluang sumber daya besar, meskipun dengan risiko dan biaya investasi yang tinggi.

Selain itu, PHE juga berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi SK510 di Malaysia bersama dengan Petronas pada Januari 2024. Perusahaan ini juga sedang mempersiapkan pengeboran di perairan laut dalam (deep water) di Natuna, Masela, dan Mahakam.

Muharram menegaskan bahwa isu migas tidak hanya terkait dengan ekonomi, melainkan juga merupakan bagian dari strategi pertahanan suatu bangsa. Mengingat kebutuhan energi fosil yang tetap signifikan hingga 2050, Muharram menyatakan pentingnya terus mengembangkan sumber daya migas untuk memenuhi proyeksi kebutuhan energi nasional di masa depan.

Comments are closed.