NCC 2024

Alumni Connect PPI Dunia Luncurkan Buku Inspirasi Global

BusinessNews Indonesia – Sebagai rangkaian dari agenda serap aspirasi Diaspora bersama para Tim Sukses Paslon Capres dan Cawapres, Alumni Connect PPI Dunia luncurkan buku yang berjudul “Inspirasi Global: Kumpulan Rekomendasi Kebijakan Untuk Indonesia 2024-2029.” Peluncuran buku tersebut dilakukan pada Jumat, 2 Februari 2024 di Rumah Wijaya, Jakarta Selatan.

Acara dimulai dengan diskusi bersama masing-masing perwakilan Timses Paslon Capres dan Cawapres beserta para perwakilan Diaspora yang mengangkat tema “Menilik Kebijakan Capres-Cawapres Terhadap Pemanfaatan Potensi Diaspora Indonesia dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045.” Timnas AMIN diwakili oleh Usamah Abdul Aziz, TKN Prabowo-Gibran diwakili oleh Fritz Edward Siregar, dan TPN Ganjar-Mahfud diwakili oleh Bagas Adhadirgha. Diskusi berjalan dengan hangat, membahas berbagai isu yang berkaitan dengan Diaspora.

“Tentu forum diskusi ini sangatlah terbatas, namun sebagai bentuk kontribusi nyata kami sebagai Diaspora Indonesia maupun alumni perguruan tinggi di luar negeri, kami persembahkan buku Inspirasi Global ini.” Jelas Ketua Pokja Policy Brief Alumni Connect PPI Dunia, Muhammad Ruhiyat Haririe pada saat peluncuran buku.

Kontribusi Nyata Untuk Indonesia, Alumni Connect PPI Dunia Luncurkan Buku Inspirasi Global

Haririe menambahkan, harapannya buku ini dapat memberikan ide-ide konkret bagi para pemangku kepentingan, khususnya para Capres-Cawapres yang sedang berkompetisi dalam menyusun roadmap pembangunan Indonesia kedepannya. Sesuai dengan namanya, Inspirasi Global, semoga inspirasi kebijakan dari para Diaspora yang berada di berbagai belahan dunia, dapat menjadi sumbangsih nyata bagi pembangunan bangsa.

Buku Inspirasi Global berisikan 17 policy brief yang ditulis oleh para diaspora Indonesia serta para alumni perguruan tinggi di luar negeri dengan latar belakang keahlian yang beragam. Buku ini terdiri dari 3 topik utama. Pertama, Transformasi Pendidikan Indonesia Menuju Lahirnya Sumber Daya Manusia Indonesia yang Unggul. Kedua, Masa Depan Lingkungan, Sumber Daya Alam, dan Pembangunan Indonesia. Ketiga, Perlindungan, Transformasi Pemerintahan dan Hubungan Internasional.

Peluncuran buku Inspirasi Global pun ditutup dengan penyerahan buku kepada masing-masing perwakilan Timses oleh Koordinator Presidium, Sekjen serta ketua Pokja Policy Brief Alumni Connect PPI Dunia serta dan foto bersama dengan para penulis, serta perwakilan Diaspora dan ikatan alumni yang hadir.

“Dengan besarnya jumlah Diaspora Indonesia di luar negeri yang mencapai 8 juta orang, tentu ini adalah potensi luar biasa yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pemimpin bangsa dalam menstimulus kemajuan Indonesia, khususnya dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dan buku ini adalah bukti nyata kontribusi kami bagi pembangunan Indonesia ke depan”pungkas Haririe.

Comments are closed.