NCC 2024

Pertamina NRE dan Hitachi Energy Berkolaborasi untuk Inovasi Ketenagalistrikan dan Konservasi Energi

JAKARTA, businessnews.co.id – Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) telah mengumumkan kemitraan strategisnya dengan perusahaan teknologi global di bidang ketenagalistrikan, yaitu Hitachi Energy. Kerjasama ini bertujuan untuk merangsang inovasi dalam konservasi energi dan sistem ketenagalistrikan.

Dalam kerjasama ini, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan riset dan pengembangan solusi inovatif yang dapat diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk pengelolaan sumber daya energi dan konservasi energi di lingkungan Pertamina NRE.

CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro, menyatakan bahwa kerja sama ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengadopsi teknologi terkini guna mengurangi dampak lingkungan.

“Kerjasama strategis ini mencerminkan komitmen kami untuk terus meningkatkan efisiensi energi dan mengadopsi teknologi terkini guna mengurangi dampak lingkungan. Kami percaya bahwa kolaborasi dengan Hitachi akan memberikan nilai tambah bagi Pertamina NRE dan membawa manfaat besar bagi industri energi di Indonesia,” terang Dannif dalam pernyataan tertulis, Selasa (23/1/2024).

Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia, Predrag Grupkovic, juga menyambut baik kesempatan ini dan menyatakan bahwa kolaborasi ini akan memberikan kontribusi positif dalam upaya mitigasi iklim melalui percepatan transisi energi di Indonesia.

“Kami telah mendukung perjalanan Indonesia menuju netralitas karbon, dan kami berharap MoU yang mendorong kolaborasi antara Hitachi Energy dan Pertamina New & Renewable Energy ini akan memberikan kontribusi lebih lanjut dalam transisi energi,” terangnya.

Grupkovic juga menegaskan dukungan Hitachi Energy terhadap komitmen Indonesia dalam mencapai target pengurangan emisi pada 2060.

Fokus utama dari kemitraan ini adalah pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi jejak karbon dalam kegiatan Pertamina NRE. Hitachi Energy akan berbagi pengetahuannya terkait sistem tenaga listrik dan energi baru dan terbarukan kepada Pertamina NRE.

Selain itu, kerjasama ini juga mencakup studi teknis bersama pada level makro, yang melibatkan energi baru dan terbarukan, sistem tenaga listrik hybrid, kehandalan, dan konservasi energi di pembangkit listrik milik Pertamina NRE.

Vice President PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa kemitraan ini merupakan langkah konkret Pertamina dalam meningkatkan dekarbonisasi operasional dan mendukung transisi energi di Indonesia. Ia menegaskan bahwa Pertamina terus mencari inovasi dan peluang baru melalui sinergi dan kolaborasi dengan mitra, sebagai bagian dari fokus Pertamina NRE pada energi baru dan terbarukan.

Dalam hal ini, Pertamina NRE juga berkolaborasi dengan Toyota dalam pengembangan ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia. Kolaborasi ini melibatkan pembangunan Hydrogen Refueling Station (HRS), yang dianggap sebagai langkah penting dalam membangun ekosistem hidrogen di Indonesia. Dannif Danusaputro menyambut baik kolaborasi ini dan menyatakan bahwa hadirnya hidrogen sebagai bahan bakar transportasi akan memperkuat ketahanan energi di masa depan.

Comments are closed.