NCC 2024

Fokus Transformasi, MenPAN-RB Gerakkan BUMN Peruri Jadi GovTech Indonesia

JAKARTA, businessnews.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, mengadakan pertemuan dengan BUMN Peruri di Jakarta pada Senin (8/1). Agenda pertemuan ini membahas persiapan BUMN Peruri dalam peran sebagai GovTech Indonesia.

Anas mendorong percepatan aktivitas transformasi untuk memperkuat kemampuan BUMN Peruri. Transformasi ini menjadi fokus penting setelah Presiden menetapkan BUMN Peruri sebagai GovTech sesuai dengan Perpres No. 82/2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

“Ada tiga tantangan utama Peruri yang perlu difokuskan untuk kesuksesan penugasan ditopang dengan transformasi karakter yaitu kapabilitas internal, mekanisme penugasan, dan komunikasi strategis,” ujar Anas dalam keterangan tertulis, Senin (8/1/2024).

Anas juga menyebut, ntuk sukses dalam penugasan ini, diperlukan transformasi karakter melalui peningkatan kemampuan teknis implementasi dan pengembangan, manajemen SDM digital, serta kepatuhan melalui perjanjian kerjasama dan hukum.

Menurut Anas, GovTech sebagai tim digital Indonesia harus mendukung K/L penanggung jawab layanan tanpa mengambil alih, merekrut talenta digital terbaik, memastikan keberlanjutan digitalisasi pemerintah, serta memperkuat keamanan siber dan perlindungan data pribadi. Fokusnya adalah pada pengembangan sistem atau aplikasi digital prioritas.

Sistem prioritas yang diungkit Anas mencakup layanan publik terintegrasi seperti pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan SIM online. Sementara itu, infrastruktur publik digital (DPI) mencakup identitas digital dasar, platform pertukaran data, dan pembayaran digital yang akan terintegrasi pada portal administrasi pemerintahan dan portal layanan publik.

Anas berharap rekrutmen atau pergerakan talenta digital ke BUMN Peruri akan selesai pada Januari 2024. Sementara Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya, menyatakan bahwa transformasi BUMN Peruri sebagai GovTech telah dipersiapkan dengan baik melalui koordinasi dengan tim SPBE Nasional. Wijaya menyoroti kesiapan SDM sebagai fokus utama saat ini.

Banyak transformasi yang dilakukan oleh BUMN Peruri, termasuk transformasi produk High Security Printing ke produk High Security Digital seperti Peruri Code, Peruri Sign, dan Peruri Trust. Hal ini menjadi pengalaman berharga bagi mereka sebagai GovTech Indonesia.

Ditunjuk sebagai GovTech Indonesia menjadi tonggak penting bagi BUMN Peruri sebagai mitra terpercaya pemerintah dalam menjaga keaslian, keamanan, dan kedaulatan, ungkap Wijaya.

Comments are closed.