NCC 2024

Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023: Membangun Industri Berkelanjutan untuk Masa Depan

Jakarta, BusinessNews Indonesia – PT Pertamina Patra Niaga, bagian dari subholding Commercial and Trading PT Pertamina (Persero), baru-baru ini mengadakan Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023 di Jakarta. Forum ini bertema “Sustainable Industries: Shaping Tomorrow’s Business” dan membicarakan isu-isu bisnis terkini serta proyeksi bisnis di masa mendatang. Selain diskusi, mereka juga menggelar pameran untuk memperkenalkan produk dan jasa B2B kepada konsumen.

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya dalam sambutannya menyoroti sejumlah tantangan yang dihadapi pelaku bisnis saat ini, termasuk kompleksitas yang semakin tinggi dan ketidakpastian ekonomi global. Dia menekankan bahwa kesadaran akan pembangunan berkelanjutan sudah menjadi kebutuhan, bukan hanya soal keuntungan ekonomi jangka pendek, tetapi juga kesejahteraan, lingkungan, dan aspek sosial.

“Kesadaran akan pembangunan berkelanjutan bukan lagi sebuah pilihan, melainkan telah menjadi sebuah kebutuhan. Bukan lagi kita berbicara tentang bisnis yang menguntungkan secara ekonomi (short-term), tetapi juga harus memastikan kesejahteraan, kelestarian lingkungan, serta sosial,” kata Maya dalam siaran pers yang, Minggu (19/11/2023).

Maya juga menyoroti tantangan alam seperti pemanasan global serta kebutuhan akan energi yang berkelanjutan dan terbarukan. Solusi atas tantangan ini ditemukan dalam sinergi dan kolaborasi antara industri, pemangku kepentingan, dan stakeholder.

Dalam sesi Executive Forum, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto, menjelaskan bahwa ketahanan energi Indonesia berada pada level yang baik, mencapai angka 6,61. Dia menyoroti upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan energi, termasuk kolaborasi dengan Pertamina dengan prinsip 4A: Availability, Accessibility, Affordability, dan Acceptability.

Comments are closed.