NCC 2024

Wamen BUMN Sebut Proyek Baterai Kendaraan Listrik RI Jadi Magnet Investor di AIPF

JAKARTA, businessnews.co.id – Wakil Menteri BUMN, Rosan Roeslani, mengungkapkan bahwa proyek baterai kendaraan listrik (EV) Indonesia telah menarik perhatian sejumlah besar investor selama acara pertemuan bisnis di Forum Asia-Indonesia-Pasifik (AIPF).

“Walaupun di proyek EV dan value chain baru tiga proyek, tetapi ternyata peminatnya sangat tinggi, saya kebetulan ke sana juga dan dilaporkan bahwa yang datang kapasitasnya tidak mencukupi lebih dari 45 atau 50 orang dalam ruangan yang kita sediakan,” kata Rosan pada media dalam knferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN, di Jakarta, Rabu (6/9).

Rosan menjelaskan bahwa agenda pertemuan bisnis hari ini mencakup berbagai sektor, termasuk energi terbarukan, infrastruktur seperti jalan tol dan pelabuhan, serta sektor kesehatan, dan sebagainya.

“Jadi ada 5 proyek yang melibatkan energi, oil dan gas, 9 projek jalan tol, 5 proyek melibatkan pelabuhan, 6 proyek bidang kesehatan, 3 proyek fetilizer, 10 bidang infrastruktur, 9 proyek tourism, dan 3 proyek di ekosistem baterai EV,” jelas Rosan.

Rosan melaporkan dalam agenda business matching ini turut dihadiri 185 investor dalam negeri dan luar negeri. Beberapa di antaranya adalah investor dari Saudi Arabia, Prancic, Korea, Spanyol, China, Jerman, Jepang, Canada, dan Inggris. Sementara investor dalam negeri meliputi Astra Internasional, Aman Mineral Tbk dan Dian Swastika Santosa.

“Dari perbankan internasional ada Standar Chartered, Sumitomo dan Commerce Bank dan juga Multilateral Development Bank,” tutup Rosan.

Comments are closed.