NCC 2024

PLN dan Pos Indonesia Melangkah Bersama Kembangkan Inovasi Logistik

JAKARTA, businessnews.co.id –  PT PLN (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero) sedang menjajaki potensi kerja sama dalam pengembangan penggunaan aset dan logistik untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Kerja sama antara dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di acara Focus Group Discussion yang berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Jakarta pada Selasa (10/10).

Dalam MoU ini, PLN dan Pos Indonesia akan bekerja sama dalam mencari solusi logistik terutama terkait dengan manajemen perpindahan barang, informasi, dan sumber daya lain dalam rantai pasok, termasuk transportasi, penyimpanan, pengelolaan stok, dan pengiriman.

Selain itu, PLN dan Pos Indonesia juga akan bekerja sama untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan menyediakan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di seluruh lingkungan operasional Pos Indonesia.

Wakil Menteri I BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyatakan bahwa selama empat tahun terakhir, upaya telah dilakukan untuk membangun sinergi dan integrasi logistik dalam ekosistem BUMN. Dia berharap bahwa integrasi logistik antara BUMN, pemilik barang, dan penyedia logistik dapat terjadi secara efektif.

”Tentunya harapan kita kalau BUMN berhasil mengintegrasikan dan men-scale up dan menurunkan cost per unit, harapannya ekosistem ini bisa digunakan juga oleh swasta termasuk UMKM untuk bisa mendorong ekspor dengan biaya logistik yang lebih murah,” ungkap Kartika.

Kartika juga menyoroti tantangan saat ini, yaitu bagaimana BUMN logistik dapat memberikan layanan yang sebanding atau bahkan lebih efisien daripada yang dilakukan secara internal oleh BUMN pengguna jasa.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyambut baik MoU ini dan mengapresiasi peran Pos Indonesia dalam sinergi ini. Dia berharap bahwa kolaborasi ini akan meningkatkan kinerja PLN dan Pos Indonesia dalam melayani masyarakat dan memberikan manfaat bersama.

Darmawan juga berharap bahwa melalui kerja sama ini, perkembangan sektor logistik dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dapat dipercepat.

”Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat dan memberikan mutual benefit bagi PLN dan Pos Indonesia,” ujar Darmawan.

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, mengungkapkan bahwa sinergi antara Pos Indonesia dan PLN memiliki potensi untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan layanan logistik nasional secara lebih kompetitif dengan tarif logistik yang lebih efisien.

“Sebagai BUMN Logistik, Pos Indonesia telah mengemas manajemen rantai pasok dengan solusi teknologi logistik sebagai sebuah integrated logistics ecosystem, yang mampu memberikan dukungan terbaik guna perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” terang Faizal.

Faizal juga menekankan pentingnya inovasi, solusi, dan efisiensi dalam memastikan kelangsungan ekosistem dan logistik industri kendaraan listrik di Indonesia.

Comments are closed.