NCC 2024

Kisah Inspiratif Lansia Sukses Melalui Klaster Usaha Binaan BRI

JAKARTA, businessnews.co.id –  Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkah Jaya di Desa Tidu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, telah berhasil memberdayakan wanita lanjut usia dalam membantu perekonomian keluarga mereka. Meskipun berada di usia lanjut, anggota KUB Berkah Jaya terus berkontribusi dalam ekonomi keluarga mereka.

Kisah sukses UMKM ini dimulai ketika mereka memutuskan untuk belajar membuat kerajinan rajut, dan keterampilan ini ternyata menjadi potensi besar. Sebagian besar dari hasil kerajinan rajut yang mereka buat telah diekspor ke berbagai negara.

Ketua KUB Berkah Jaya, Umiyati (62), mengatakan bahwa mereka tidak kesulitan untuk mengumpulkan anggota KUB yang ingin berkreasi bersama, terutama karena sebagian besar dari mereka hanya membantu suami mereka dalam pekerjaan pertanian dan tidak memiliki penghasilan tetap.

“Kita bersama-sama mengadakan pelatihan. Alhamdulillah disambut baik Pemkab Purbalingga,” ujar Umiyati dalam keterangannya, dikutip Selasa (10/10/2023).

Mereka memulai dengan memberikan pelatihan pada tanggal 14 Februari 2015, yang juga menjadi hari kelahiran resmi KUB Berkah Jaya. Awalnya terdiri dari 25 wanita, jumlah anggota mereka sekarang mencapai 115 orang, dan sekitar 90% dari mereka adalah wanita lanjut usia berusia 45-55 tahun. Seiring berjalannya waktu, anggota KUB ini terus bertambah, termasuk ibu-ibu muda.

Pada tahun 2019, KUB Berkah Jaya mulai bekerja sama dengan eksportir dari Solo untuk memproduksi berbagai produk rajut seperti bentuk kepala gajah, jerapah, dan keranjang laundry. Hasil kerajinan rajut buatan anggota KUB Berkah Jaya diekspor ke Amerika dan Thailand, dengan pesanan mencapai 700-1.000 barang.

Dengan pendapatan dari hasil kerajinan rajut ini, anggota KUB dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman modal. Setiap bulan, mereka membayar cicilan melalui KUB Berkah Jaya. Pendapatan per bulan dari hasil rajutan bisa mencapai Rp1 juta per anggota.

KUB Berkah Jaya juga mendapatkan dukungan dari Bank BRI melalui program “Klasterkuhidupku,” yang memberikan pembiayaan, pelatihan, dan bantuan pembangunan. Program ini memberikan manfaat bagi anggota KUB Berkah Jaya, terutama dalam hal literasi dasar, bisnis, dan keuangan digital, yang memudahkan mereka dalam mendapatkan pinjaman.

Siti, salah satu anggota KUB Berkah Jaya, merasa senang dengan kehadiran Bank BRI dan menyadari manfaat dari layanan perbankan. Dia mengatakan bahwa anggota KUB lainnya juga telah merasakan manfaat langsung dari kehadiran Bank BRI.

“Sekarang dengan adanya KUB Berkah Jaya, kita bisa mengenal BRI. Kita juga bisa dipermudah pinjaman dari BRI,” ungkap Siti.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, menegaskan komitmen Bank BRI dalam mendukung para pelaku UMKM melalui program “Klasterkuhidupku.” Program ini tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi juga pelatihan dan berbagai program pemberdayaan lainnya.

“Klasterkuhidupku tentu sangat bermanfaat bagi kelompok usaha dalam mendapatkan dukungan program pemberdayaan. Semoga, apa yang ditunjukkan oleh KUB Berkah Jaya menjadi motivasi dan cerita inspiratif yang dapat ditiru oleh kelompok-kelompok usaha lainnya di berbagai daerah,” tegasnya.

Comments are closed.