PLN dan XL Axiata Berkolaborasi Tingkatkan Layanan Publik Melalui Penggunaan Listrik yang Efisien
Jakarta, Businessnews.co.id – PT PLN (Persero) dan PT XL Axiata telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Jakarta sebagai bagian dari kerja sama strategis mereka dalam pasokan dan pemantauan penggunaan listrik di menara Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata. Dalam kesepakatan ini, produk inovatif PLN seperti Advance Metering Infrastructure (AMI) dan Automatic Meter Reading (AMR) akan diintegrasikan ke dalam infrastruktur XL Axiata untuk meningkatkan layanan publik mereka.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan komitmen PLN untuk mendukung perbaikan kualitas sektor telekomunikasi di Indonesia. Dengan memberikan pasokan listrik yang handal kepada penyedia layanan telekomunikasi, hal ini diharapkan dapat mendukung pembangunan yang merata di sektor telekomunikasi dan berperan secara efektif dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“PLN terus bertranformasi dalam mengembangkan layanan dan peluang bisnis berbasis digital untuk menghadapi tantangan zaman dan kemajuan teknologi, sehingga PLN tidak hanya andal di sektor ketenagalistrikan tetapi juga terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ungkap Darmawan, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10/2023).
Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menjelaskan bahwa kerja sama ini akan memungkinkan kedua perusahaan untuk memaksimalkan teknologi digitalisasi dan otomasi yang mereka miliki, dengan tujuan untuk meningkatkan layanan publik. Harapannya adalah bahwa integrasi layanan produk dari keduanya dapat memberikan dampak positif bagi bisnis mereka.
“PLN akan memberikan dukungan untuk infrastruktur jaringan XL Axiata melalui penyediaan tenaga listrik dan segenap teknologi pendukung untuk menara BTS XL Axiata. Selain itu, kami juga menggali potensi lain menciptakan solusi bisnis secara berkelanjutan,” ujarnya.
PLN akan menyediakan pasokan listrik untuk menara BTS XL Axiata dan akan melengkapi pasokan ini dengan AMI dan AMR. Kedua teknologi ini akan membantu meningkatkan akurasi penggunaan listrik dan mempermudah XL Axiata dalam memantau penggunaan listrik di semua menara BTS.
Saat ini, sekitar 150 ribu menara atau hampir 98 persen dari menara BTS XL Axiata sudah terhubung dengan infrastruktur PLN. Infrastruktur ini melayani sekitar 58 juta pelanggan.
Selain itu, PLN dan XL Axiata juga sedang menjajaki peluang kerja sama terkait suplai listrik hijau untuk XL Axiata. PLN menawarkan produk hijau berupa Renewable Energy Certificate (REC) yang dapat mendukung program transisi energi XL Axiata. Lebih dari 300 perusahaan telah menggunakan REC PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik hijau mereka.
Direktur dan Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, menyatakan komitmennya untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan pelanggan. Yessie juga meyakini bahwa kerja sama antara XL Axiata dan PLN memiliki potensi untuk saling mendukung dan akan meningkatkan layanan publik serta memberikan manfaat positif bagi kedua perusahaan.
“Kami sangat yakin kerja sama antara XL Axiata dan PLN ini memiliki potensi yang saling menguatkan. Tentunya inisiasi kerja sama tidak terlepas dari upaya kami meningkatkan kualitas layanan untuk pelanggan,” ucap Yessie.
Comments are closed.