NCC 2024

Prestasi Terbukti, SIG jadi Emiten BUMN yang Terus Berikan Dividen Jumbo

JAKARTA, businessnews.co.id  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), salah satu perusahaan milik negara yang konsisten dalam pembagian dividen, baru-baru ini mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar 70% dari laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada tahun 2022, dengan total mencapai Rp 2,36 triliun.

Sementara di tahun sebelumnya, SIG memutuskan pembagian dividen tunai senilai Rp 1,02 triliun. Sedangkan di tahun 2020 SMGR memutuskan untuk membagikan dividen tunai 40% dari laba bersihnya yang sebesar Rp 2,79 triliun.

Menurut Vita Mahreyni, Corporate Secretary SMGR, kesuksesan SMGR dalam mempertahankan kinerja positif di tengah tantangan industri bahan bangunan didorong oleh operasional yang unggul. SMGR telah memodifikasi model operasi dan meningkatkan proses produksinya untuk mencapai efisiensi biaya yang optimal.

“Selain itu, SIG juga menjalankan sejumlah inisiatif strategis untuk selalu menjadi yang terdepan di industri bahan bangunan tanah air, dengan fokus pada pengelolaan pasar, mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan kinerja, serta melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi produk dan layanan baru guna merambah ceruk-ceruk pasar yang belum tergarap secara optimal atau belum pernah dimasuki,” kata Vita Mahreyni.

Lebih lanjut, Vita Mahreyni menyampaikan bahwa SMGR berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,365 triliun pada tahun 2022, naik 15,5% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,047 triliun.

Hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) SMGR tahun 2023 menetapkan bahwa 70% dari laba bersih tahun 2022, atau sekitar Rp 1,65 triliun, akan dibagikan sebagai dividen tunai. Dari jumlah tersebut, pemerintah akan menerima dividen sebesar Rp 847 miliar sebagai pemegang saham dalam SMGR, meningkat 62% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 522 miliar.

Comments are closed.