NCC 2024

Laba Pegadaian Semester I-2023 Melesat 18,7 Persen Jadi Rp1,77 Triliun

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Pegadaian mencatatkan kinerja keuangan yang positif di paruh pertama tahun 2023. Pada periode semester I-2023, laba bersih perusahaan tercatat melesat 18,7% secara year-on-year (yoy) menjadi Rp1,77 Triliun.

Kenaikan sisi botom line keuangan perseroan tak terlepas dari kinerja positif di sisi top line. Pada periode tersebut, Pegadaian tercatat membukukan pendapatan usaha sebesar Rp11,85 triliun, terhitung tumbuh 12,9% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang tercatat Rp10,86 triliun.

Catatan positif kinerja keuangan perseroan pada periode ini juga terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah nasabah Pegadaian. Per bulan Juni 2023, total nasabah pegadaian tembus mencapai sebanyak 22,8 juta orang, atau melesat 10,68% dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 20,6 juta orang.

Lebih dari itu, meningkatnya kinerja keuangan Pegadaian pada paruh pertama tahun ini juga tak terlepas dari berbagai produk andalannya yang semakin dipercaya masyarakat. Hal tersebut tercermin dari outstanding loan (OSL Gross) yang tercatat tumbuh 14,05% yoy menjadi Rp62,85 triliun.

Sementara itu, kinerja produk gadai juga tercatat mengalami pertumbuhan yang optimal. Pada semester I-2023, produk gadai mampu tumbuh sebesar 9,7% yoy menjadi Rp53,6 miliar.

Sejalan dengan catatan positifnya produk gadai oleh Pegadaian, produk non-gadai pun turut mencatatkan pertumbuhan yang optimal. Pada periode yang sama, produk non-gadai tercatat melonjak 48,35% dari periode yang ama tahun lalu menjadi Rp9,2 miliar.

“Alhamdulillah, menutup semester I-2023, Pegadaian berhasil menorehkan kinerja yang positif. Pegadaian menyampaikan terima kasih kepada seluruh nasabah atas kepercayaan yang diberikan untuk selalu menggunakan produk dan layanan Pegadaian,” ungkap Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan dalam keterangan resmi.

Damar turut memberikan apresiasi kepada seluruh Insan Pegadaian atas kontribusi maksimal yang telah diberikan. “Manajemen mengapresiasi seluruh Insan Pegadaian atas kerja keras dan kontribusi luar biasa yang diberikan untuk Perusahaan,” tandasnya.

Comments are closed.