FHCI SUMMIT 2023

Penyaluran Kredit BMRI ke UMKM lewat Digital Tembus Rp973,2 Miliar per Agustus 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tercatat telah menyalurkan kredit kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp973,2 miliar secara year-to-date (ytd) per-Agustus 2023. Kredit tersebut disalurkan melalui platfom digital ke 115 ribu debitur.

SVP SME Banking Bank Mandiri Alexander Dippo menjelaskan, penyaluran kredit secara digital oleh perusahaan dilakukan dengan menggandeng perusahaan pembiayaan online (fintech P2P Lending).

“Ke depan, BMRI ini akan terus berinovasi dan mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalma mengakses pembiayaan. Bank Mandiri juga akan berkolaboarsi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem digital di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (20/9).

Secara kumulatif hingga Agustus 2023, Bank Mandiri mencatat total kredit yang disalurkan kepada pelaku UMKM Tanah Air secara digital telah tembus mencapai Rp3,09 triliun. Kredit tersebut disalurkan kepada lebih dari 227.000 debitur melalui sejumlah perusahaan pembiayaan berbasis digital.

Terbaru, Bank Mandiri bekerja sama dengan salah satu perusahaan pembiayaan online yang fokus pada sektor perikanan, yakni PT Rantai Pasok Teknologi atau FishLog. Melalui kerja sama ini, Dippo berharap Bank Mandiri dapat memperluas akses pembiayaan kepada para pelaku UMKM di bidang perikanan.

“Melalui kerja sama dengan FishLog, Bank Mandiri akan meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku UMKM pada sektor industri perikanan, baik yang bankable maupun belum reachable oleh perbankan konvensinoal dan memiliki skala usaha yang memadai yang merupakan mitra dari FishLog,” terang Dippo.

Melalui kerja sama dengan FishLog, Bank Mandiri akan menyalurkan kredit hingga sebesar Rp50 miliar kepada UMKM sektor perikanan. Lebih dari itu, Dippo tak menutup kemungkinan nilai penyaluran kredit tersebut dapat terus meningkat seiring solidnya kolaborasi antara BMRI dengan FishLog.

Sementara itu, Direktur Utama FishLog Bayu Mukti Anggara optimistis kerja sama yang diteken antara perusahaanya dengan BMRI dapat meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM sektor perikanan.

Bayu menyebutkan, “Kerja sama antara FishLog dan Bank Mandiri ini bisa membuka peluang dan akses di 45 titik operasi FishLog di Indonesia untuk mendapatkan layanan keuangan, sesuai dengan misi kami membuat akses keuangan digital yang inklusif,”.

Sebagai infomasi, saat ini BMRI tercatat memiliki sebanyak 1,2 juta debitur dengan latar belakang UMKM. Hingga semester I-2023, perusahaan telah menyalurkan kredit sebesar Rp119,7 triliun (year-to-date/ytd), atau tumbuh sebesar 8,1% secara tahunan.

Comments are closed.