NCC 2024

Bank Mandiri Taspen bermitra dengan Bukalapak Siap Mendigitalisasi bisnis UMKM

Jakarta, Businessnews.co.id –  Bank Mandiri Taspen terus mendorong para pensiunan agar tetap aktif dan produktif melalui program Mantapreneur Naik Kelas. Dalam upaya ini, bank ini telah berkolaborasi dengan Bukalapak untuk membantu pensiunan yang berusaha di bidang kuliner dan pertanian agar bisa berjualan online.

Baru-baru ini, Bank Mandiri Taspen telah mengadakan pelatihan Mantapreneur Naik Kelas yang kedua di Surabaya, diikuti oleh 50 peserta. Kegiatan ini dilakukan setelah program serupa sebelumnya telah sukses dijalankan di Jakarta.

Peserta program ini merupakan pensiunan yang berbisnis di sektor kuliner dan pertanian, seperti hidroponik, bawang goreng, kerupuk mujair, kerang, dan cumi. Melalui program ini, mereka didorong untuk memasuki pasar online.

Direktur Business Bank Mandiri Taspen, Maswar Purnama, menjelaskan bahwa anggota Mantapreneur Bank Mandiri Taspen adalah pensiunan yang telah mendapatkan modal dan pelatihan paket usaha Wirausaha Mantap Sejahtera (WMS). Program ini telah ada sejak 2017 dan tidak hanya memberikan kredit, tetapi juga pendampingan yang meliputi penjualan produk, rantai produksi, dan distribusi.

“Mentoring tak hanya mengarahkan, tetapi juga memfasilitasi penjualan produk, rantai produksi hingga distribusi.” ungkkap Maswar dalam keterangan resminya, Kamis (21/9).

Maswar menyatakan bahwa jumlah anggota Mantapreneur terus bertambah setiap tahun, dengan lebih dari 1.632 orang saat ini. Di Jawa Timur sendiri, jumlahnya mencapai 200 orang.

Keberhasilan program ini mendorong Bank Mandiri Taspen untuk meluncurkan program Mantapreneur Naik Kelas, yang berkolaborasi dengan Bukalapak. Para peserta Mantapreneur dapat menampilkan produk mereka di platform Bukalapak dan juga di fitur Etalase Usaha dan Bazar Online Mantapreneur di situs web Pensiun Berkarya.

Saat ini, sudah ada 145 Mantapreneur yang menampilkan 485 produk di etalase tersebut. Mereka berharap Bukalapak akan terus membantu melalui program promosi yang mantap.

Head of Merchant Community Bukalapak, Ian Agisti, menyatakan bahwa Bukalapak siap memfasilitasi produk karya para pensiunan sesuai dengan misi pemerataan ekonomi melalui teknologi.

Direktur Finance, Risk and Operations Bank Mandiri Taspen, Atta Alva Wanggai, berharap bahwa kolaborasi dengan Bukalapak dapat meningkatkan penjualan produk. Program ini merupakan kelanjutan dari pelatihan serupa yang diadakan di Graha Mantap Jakarta pada Mei 2023 dengan peserta dari seluruh Indonesia.

Kolaborasi dengan marketplace juga membantu mengurangi risiko penjualan karena pembeli membayar di muka sebelum pengiriman barang. Bank Mandiri Taspen optimis bahwa semua Mantapreneur dapat belajar pemasaran digital dan siap untuk berjualan online.

Comments are closed.