NCC 2024

Revitalisasi Listrik Kalimantan, PLN Enjiniring Menjamin Pasokan Energi yang Aman

Jakarta, Businessnews.co.id – PLN Enjiniring memastikan keamanan pasokan bahan bakar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai di Pulau Kalimantan melalui compressed natural gas (CNG) Plant Bangkanai, sehingga keberlangsungan pasokan listrik di daerah tersebut tetap terjamin.

PLTMG Bangkanai terletak di Desa Karendan, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, dan memiliki kapasitas pembangkit sebesar 280 megawatt (MW). Pembangkit ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pasokan listrik di wilayah Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, Selatan, dan Timur.

Direktur Utama PT PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah, menjelaskan CNG Plant Bangkanai berperan penting dalam menyediakan energi listrik ke PLTMG Bangkanai, sehingga pasokan listrik di Pulau Kalimantan tetap terjamin. Dia juga menekankan bahwa Kalimantan memiliki kebutuhan listrik yang besar sejalan dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Namun, akses ke pulau ini sulit karena tergantung pada transportasi laut dan udara.

Chairani juga menegaskan bahwa PLN harus menghadapi berbagai persaingan dan risiko, tetapi pihaknya berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

“PLN harus menghadapi banyak persaingan dan risiko yang berbeda. Namun, kami (PLN Group) berusaha menjaga masa depan perusahaan dan operasi yang lancar dengan menjalankan manajemen risiko dengan hati-hati dalam setiap proyek maupun pekerjaan,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Senin (18/9).

Dia juga menambahkan bahwa pasokan listrik dari PLTMG Bangkanai memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kelistrikan di Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) serta memenuhi kebutuhan listrik yang terus berkembang di daerah tersebut.

Keberadaan sistem kelistrikan di Bangkanai juga telah membawa perubahan signifikan, mengubah daerah yang sebelumnya hutan belantara menjadi pemukiman. Hal ini menunjukkan bahwa listrik bukan hanya sebagai alat, tetapi juga sebagai pendorong utama bagi perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PLN Enjiniring, Katherine Amaranila, menjelaskan bahwa CNG Bangkanai adalah CNG Peaker yang bertujuan untuk menyediakan pasokan gas yang berkelanjutan dan cepat ke pembangkit listrik mesin gas di PLTMG Bangkanai yang dimiliki dan dioperasikan oleh PLN Enjiniring. Dengan kapasitas Peaker sebesar 24 MMSCFD, gas yang berasal dari lapangan terdekat harus diolah agar suhu dan kandungan airnya sesuai dengan spesifikasi. Hal ini penting karena kompresi gas yang mengandung air dapat menjadi sangat berbahaya.

Pembangkit peaker ini lebih banyak digunakan pada malam hari, sementara pada siang hari hanya sekitar 20% dari kapasitasnya yang digunakan, karena beban pembangkit cenderung meningkat mulai sore hingga tengah malam. Dengan adanya CNG Plant khusus peaker ini, pasokan bahan bakar gas dapat diberikan dengan cepat kepada PLTMG terdekat.

Comments are closed.