NCC 2024

KAI Berikan Diskon 20% untuk Penumpang Disabilitas Mulai 17 September

Jakarta, businessnews.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan rencananya untuk memberikan diskon sebesar 20% pada tiket kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi kepada penumpang dengan disabilitas. Diskon ini akan berlaku mulai tanggal 17 September 2023 dan seterusnya.

“Diskon tetap bagi pelanggan disabilitas ini sebagai kado KAI di Hari Pelanggan Nasional bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam siaran pers, Selasa (5/9).

Untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon ini, para penyandang disabilitas harus melakukan registrasi di Customer Service Stasiun paling lambat H-2 sebelum keberangkatan kereta api. Registrasi ini harus disertai dengan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

Proses registrasi reduksi disabilitas juga dapat diwakilkan oleh orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter rumah sakit atau puskesmas, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, dan pas foto milik penumpang dengan disabilitas yang akan didaftarkan. Setelah registrasi dilakukan, penumpang dapat membeli tiket dengan tarif reduksi melalui aplikasi Access atau di Loket Stasiun.

Joni menekankan bahwa saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta api, pemegang tiket dengan tarif reduksi disabilitas wajib menunjukkan bukti KTP asli atau surat keterangan asli penyandang disabilitas. Jika mereka tidak dapat memenuhi persyaratan ini, tiket mereka dianggap tidak sah dan mereka akan diturunkan pada kesempatan pertama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai diskon bagi penumpang disabilitas atau layanan KAI lainnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email ke cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.

Dengan memberikan diskon tarif ini, KAI berharap dapat memudahkan penyandang disabilitas dalam melakukan perjalanan dengan kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu.

Comments are closed.