NCC 2024

Dinilai Berhasil Terapkan Akhlak, Erick Bangga Alumni BUMN Berkiprah di Kementerian Lain

Jakarta, businessnews.co.id Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkap bahwa banyak mantan pegawai BUMN yang sekarang menduduki posisi penting di berbagai Kementerian atau Lembaga, dan ini disebabkan oleh keberhasilan penerapan nilai-nilai AKHLAK di Kementerian BUMN.

Erick mengaku merasa bangga karena nilai-nilai AKHLAK, yang menjadi budaya Kementerian BUMN, sudah mulai meresap di dalam para pegawai BUMN. Hal ini terlihat dari frekuensi perpindahan pegawai BUMN atau direktur BUMN ke berbagai kementerian atau lembaga lain.

“Berapa banyak insan BUMN yang sudah ke kementerian lain? Jadi Dirjen Imigrasi, jadi Menteri Kesehatan, jadi (kepala) Badan Pangan Nasional,” terang Erick dalam Puncak Acara Akhlak Culture Festival BUMN 2023, di Brilian Center, Senin (4/9/2023).

Sebagai contoh, Erick menunjuk beberapa nama, seperti Silmy Karim, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel dan PT Pindad sebelum menjadi Direktur Jenderal Imigrasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kemudian, ada Budi Gunadi Sadikin, yang sebelum menjadi Menteri Kesehatan, pernah menjadi Wakil Menteri BUMN. Nama terakhir adalah Arief Prasetyo Adi, yang sebelum menjadi Kepala Badan Pangan Nasional, menjabat sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia, sebuah BUMN yang mengelola sektor pangan, ID FOOD.

Erick Thohir menyimpulkan bahwa ini menunjukkan bahwa para alumni dan pegawai BUMN adalah individu yang berkualitas. Menurutnya, baik mereka yang berada di bagian depan maupun di belakang memiliki catatan prestasi yang baik.

Ia berharap bahwa semua anggota BUMN akan mengambil contoh dari hal ini dan memberikan kinerja terbaik untuk kepentingan negara. AKHLAK, yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, adalah landasan nilai-nilai ini.

Comments are closed.