NCC 2024

PLN Gandeng BRIN Kurangi Polusi Udara Jakara Pakai Mist Generator

JAKARTA, Businessnews.co.idPerusahaan Listrik Negara (PLN) telah memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta. Salah satu strategi yang diterapkan oleh perusahaan ini adalah menggunakan mist generator yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan penyemprotan air dari puncak menara Kantor Pusat PLN.

Alat ini memiliki kapasitas penyemprotan sebesar 10 liter per menit, dan dengan daya tampung 300 liter, mist generator ini dapat beroperasi selama 24 jam dan dapat secara signifikan mengurangi polusi udara. Selain di Kantor Pusat PLN, mist generator ini juga akan dipasang di kantor-kantor PLN di Jakarta dan sekitarnya setelah melalui serangkaian uji coba.

Perekayasa Ahli Utama Riset dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Tri Handoko Seto, menjelaskan bahwa mist generator ini dapat mengurangi konsentrasi Particulate Matter (PM2.5) secara lokal. Keunggulan lainnya adalah efisiensi mist generator dalam menurunkan kadar PM2.5 dibandingkan dengan water spray-nozzle fire yang memerlukan lebih banyak air dan tenaga pompa.

“Hasil uji coba menunjukkan bahwa mist generator efektif untuk menurunkan konsentrasi polutan, dari angka kisaran 100, turun menjadi kisaran 50,” ungkap Tri dalam siaran pers, Senin (4/9).

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PLN, Gregorius Adi Trianto menjelaskan bahwa PLN telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga operasional perusahaan yang lebih ramah lingkungan. Upaya tersebut mencakup penggunaan teknologi tinggi untuk mengurangi emisi dari pembang kit listrik, penggunaan kendaraan listrik dalam operasional perusahaan, dan efisiensi penggunaan energi di lingkungan kerja.

“Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik,” ucap Gregorius.

Gregorius juga menyatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan PLN akan memberikan peluang untuk mendapatkan data yang akurat serta mengembangkan solusi lingkungan yang bersih dan sehat.

Comments are closed.