NCC 2024

Terapkan GRC, PLN Enjiniring Tingkatkan Capaian Kinerja Operasional dan Raih Penghargaan Bergensi GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.idDi balik kesuksesan sebuah Perusahan, terdapat banyak usaha yang dilakukan oleh seluruh komponen internal perusahaan.

Di PLN Enjiniring, perkembangan usaha perusahaan dibangun dari unsur internal melalui perkuatan Governance, Risk dan Compliance (GRC) secara konsisten dan menyeluruh.

Kesuksesan implementasi GRC dalam menjalankan proses bisnis perusahaan membuahkan hasil yang gemilang, PLN Enjiniring berhasil meraih 3 penghargaan bergengsi tingkat nasional di ajang awarding tahunan GRC dan Performance Excellence Award 2023 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu Malam (30/8/2023) antara lain untuk The Best GRC for Corporate Operational 2023, The Best GRC for Governance and Compliance 2023 dan The Best CEO for GRC Excellence 2023.

Pada acara yang mengangkat tema “Risk Management at the Speed of Business’’  itu, PLN Enjiniring menerima penghargaan dalam kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023 dan The Best GRC for Corporate Operation 2023. Tak hanya itu Direktur Utama PLN Enjiniring,  Chairani Rahmatullah juga meraih penghargaan kategori The Best CEO for GRC Excellence 2023.

“Terkait penerapan GRC di korporasi, kami menggunakan 3 lines of defense, dimana first line merupakan pemilik proses bisnis kami sebut pemrakarsa, second line dari fungsi manajemen risiko dibantu oleh Sekper untuk melakukan review dan sebagai recommending officer, serta Satuan Pengawas Internal sebagai third line,” papar Chairani Rahmatullah, Direktur Utama PLN Enjiniring secara virtual dalam sesi penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia pada Selasa (8/8/2023).

Selain itu, Penerapan GRC di PLN Enjiniring juga menggunakan mekanisme 4 Eyes Principles, dimana setiap pembuatan keputusan yang diusulkan oleh pemrakarsa akan dilakukan review dan check oleh fungsi risiko dan fungsi hukum dan kepatuhan untuk kemudian dituangkan rekomendasi dalam bentuk Nota Analisa.

Seandainya terdapat kekurangan, reviewer dan checker berhak meminta pemrakarsa untuk melengkapi dokumen/kajian tertentu dalam rangka memastikan proses analisa dilakukan secara komprehensif dan dengan prinsip kehati-hatian.

Perlu dicatat, seluruh pengambilan keputusan harus melalui proses GRC dan mengacu pada Batasan Kewenangan sebagaimana diatur dalam Board Manual.

Direksi memastikan pengambilan keputusan memperhatikan risiko dan etika yang sudah terukur sehingga setiap tindakan dilandasi praktik yang sehat, memperhatikan etika dan kepatuhan.

Direksi turut berwewenang dan bertanggung jawab atas keputusan akhir (GO/NO GO) dari kegiatan yang dituangkan dalam NOTA PERSETUJUAN dalam Risalah Rapat Direksi.

Jajaran dewan komisaris dibantu oleh organ Komite Manajemen Risiko dan GCG melakukan pengawasan secara aktif terhadap pengelolaan dan penerapan Manajemen Risiko dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG), salah satunya dengan pelaksanaan rapat kordinasi 1 bulan sekali dengan bidang terkait dalam perusahaan.

Agar transparansi perusahaan tetap terjaga, PLN Enjiniring rutin melaksanakan audit independen, mulai dari audit implementasi GCG oleh BPKP, audit terkait keuangan dan investasi oleh BPK RI, audit Laporan Keuangan oleh KAP.

Selain itu, masih ada audit SMM oleh PLN Pusertif, audit SMAP oleh PT Chesna, audit SMK3 oleh PLN Pusertif, dan Assessment RMI oleh DIV MRS PLN Pusat.

Perusahaan juga menggelar pelaksanaan survei kepuasan pelanggan oleh pihak independen dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi dan masukan dalam rangka peningkatan kualitas proses bisnis perusahaan.

Dengan demikian, berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa PLN Enjiniring dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2023 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

GRC & Performance Excellence Award 2023 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” ungkap Irnanda.

Comments are closed.