NCC 2024

Penerapan GRC yang Kuat Sukses Bawa PT PII Raih Penghargaan GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id – Sebagai perusahaan yang bertugas untuk memberikan penjaminan atas proyek infrastruktur pemerintah, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII terus berkomitmen untuk memperkuat peran Governance, Risk, dan Compliance (GRC) dalam mewujudkan visinya “Menjadi entitas penggerak yang terpercaya dalam mendukung upaya akselerasi pengembangan infrastruktur dan pembangunan yang berkelanjutan oleh Pemerintah melalui berbagai skema inovatif”.

Direktur Utama PT PII, Muhammad Wahid Sutopo mengungkapkan, peran GRC tidak bisa dipisahkan dari PT PII dalam memberikan penjaminan atas proyek infrastruktur pemerintah. 

“GRC adalah kapabilitas, atau himpunan kapabilitas yang terintegrasi, yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan secara andal untuk mengatasi ketidakpastian, bertindak dengan integritas, antara lain melalui tata kelola, assurance dan manajemen kinerja, risiko, dan kepatuhan,” paparnya dalam penjurian GRC Award 2023, Kamis (3/8/23).

Selain itu, GRC di PT PII diimplementasikan melalui Business Continuity Management System (BCMS) dan Disaster Recovery Plan (DRP) sesuai Standar Internasional ISO 22301:2019.

Tak hanya itu, PT PII juga mengimplementasikan mekanisme GRC terintegrasi. Pihaknya menyebut, GRC adalah kapabilitas, atau himpunan kapabilitas yang terintegrasi, yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan secara andal untuk mengatasi ketidakpastian, bertindak dengan integritas, antara lain melalui tata kelola, assurance dan manajemen kinerja, risiko, dan kepatuhan.

Selain itu, PT PII juga memastikan bahwa setiap kegiatan operasionalnya menjaga aspek GRC serta memiliki dampak positif yang luas. Perseroan dalam hal ini melaksanakan evaluasi terhadap dampak yang timbul dari kegiatan penjaminan infrastruktur yang merupakan bisnis inti Perseroan dalam kaitannya dengan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

Tidak mengherankan, berkat komitmennya dalam penerapan GRC, PT PII berhasil menggondol penghargaan di tiga kategori sekaligus, yaituThe Best GRC for Corporate Culture 2023 ,The Best GRC for Corporate Finance 2023 dan The Best CEO for GRC Excellence 2023 yang berhasil diraih oleh Direktur Utama PT PII, Muhammad Wahid Sutopo.

Comments are closed.