NCC 2024

GRC Andal Antarkan Muamalat Borong Empat Penghargaan Bergengsi GRC Award 2023

Jakarta, Businessnews.co.id –  Bank Muamalat Indonesia (BMI) Tbk menjadi bank pelopor di Indonesia dalam menerapkan konsep perbankan syariah. Sejak berdiri pada tahun 1991, BMI telah berkomitmen untuk menjadi bank syariah terbaik dan terkenal sebagai salah satu dari 10 besar bank di Indonesia, dengan reputasi yang diakui di tingkat regional.

Dalam lebih dari 3 dekade eksistensinya, BMI telah mencapai kinerja yang membanggakan, salah satunya berkat penerapan GRC (Governance, Risk, and Compliance) yang sukses oleh bank ini.

Kesuksesan implementasi GRC dalam menjalankan proses bisnisnya membuahkan hasil yang gemilang, BMI  berhasil meraih 4 penghargaan bergengsi tingkat nasional diajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2023 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu malam (30/8/2023).

Pada acara yang mengangkat tema “Risk Management at the Speed of Business’’  itu mendapuk salah satu bank terbesar di Indonesia dengan penghargaan peringkat Bintang 5 Gold.  Adapun penghargaan yang diterima Bank Muamalat Indonesia (BMI) Tbk itu dalam kategori The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2023, The Best GRC for IT/Digital Transformation 2023, The Best Commisioner for GRC Excellence 2023 yang diraih oleh komisaris utama Bank Muamalat Indonesia, Mardiasmo,The Best CEO for GRC Excellence 2023 diraih oleh Direktur utama Bank Muamalat Indonesia, Indra Falatehan dan The Best Corporate Secretary yang berhasil diraih oleh Corporate Secretary Bank Muamalat Indonesia, Hayunaji.

GRC Andal Antarkan Muamalat Borong Lima Penghargaan Bergengsi GRC Award 2023 (Penerima Penghargaan diwakili oleh dewan juri GRC Award 2023).
GRC Andal Antarkan Muamalat Borong 4 Penghargaan Bergengsi GRC Award 2023

Ajang yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Pada sesi presentasi dan wawancara dengan Juri GRC and Performance Exellence Award 2023, Komisaris utama Bank Muamalat Indonesia, Mardiasmo mengungkapkan bahwa penerapan GRC yang terintergrasi sangat strategis sebagai instrumen untuk mengawal keberlanjutan suatu bisnis proses di BMI sehingga dapat menghasilkan governance outcome yang optimal.

Selain itu, Kesuksesan Bank Muamalat juga sejalan dengan misi mereka untuk menjadi lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkelanjutan. Penerapan GRC ini didukung oleh sistem dan infrastruktur yang memadai.

Penerapan prinsip keberlanjutan oleh Bank Muamalat pada aspek GRC pun telah dijalankan dengan maksimal melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi. Hal itu juga diungkap oleh Direktur utama Bank Muamalat Indonesia, Indra Falatehan.

“Kami sudah melakukan beberapa hal terkait digitalisasi. Tentu transformasi digital ini bukan hal mudah. Maka dari itu, saat ini kami tengah fokus menyusun roadmap digital di BMI sehingga transformasi digital ini dapat berdampak positif kedepannya. Kami juga telah mengadopsi beberapa ketentuan-ketentuan OJK terkait tingkat maturity security ataupun tingkat maturity digital,” papar Indra.

Comments are closed.