Jokowi Instruksikan Pasar Murah sebagai Antisipasi El Nino

Jakarta, Businessnews.co.idJoko Widodo (Jokowi) telah memberikan instruksi kepada seluruh jajaran pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk meningkatkan kegiatan pasar murah. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi menghadapi fenomena iklim El Nino.

“Saya telah memerintahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga kepada para gubernur, bupati, dan wali kota untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah, sebanyak-banyaknya,” demikian disampaikan Kepala Negara dalam keterangan tertulis pada Senin (24/7).

Selain pasar murah, Presiden juga meminta jajaran pemerintahan yang memiliki anggaran untuk menambah jumlah bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

Presiden menyebut bahwa El Nino merupakan fenomena iklim yang sulit untuk diprediksi, oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah pencegahan untuk menghadapi dampak yang dapat ditimbulkan. Tujuan dari langkah-langkah ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya krisis akibat panas yang mengganggu kesehatan masyarakat dan potensi gangguan pasokan pangan.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa beberapa negara seperti India dan Vietnam telah mengalami dampak dari El Nino, termasuk berkurangnya ekspor beras. Oleh karena itu, pihaknya berharap Indonesia dapat menghadapi potensi dampak serupa dengan persiapan yang matang.

Dengan demikian, pemerintah berupaya untuk bersiap menghadapi El Nino dengan meningkatkan kegiatan pasar murah dan bantuan sembako, serta melakukan langkah-langkah pencegahan lainnya agar masyarakat tidak terkena dampak yang berat akibat fenomena iklim tersebut.

Baca Juga :  Menkeu: Kinerja Nilai Tukar Rupiah Lebih Baik dari Dolar AS

Baca Juga : MUI Jabar Apresiasi Ridwan Kamil Terkait Al-Zaytun

Comments are closed.