NCC 2024

PLN Pasang Smart Meter Gratis untuk untuk 550.970 Pelanggan di Bali

Jakarta, Businessnews.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memulai penggunaan smart meter untuk pelanggan di beberapa wilayah, termasuk Bali.

Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Made Arya mengungkapkan bahwa program ini akan berlangsung dari Juni hingga Desember tahun ini.

PLN akan mengganti meteran listrik analog menjadi smart meter untuk 550.970 pelanggan pasca bayar di Bali.

“Meskipun pelanggan tetap akan menggunakan sistem pembayaran pasca bayar, instalasi smart meter bertujuan untuk meningkatkan layanan pelanggan,” ungkap Made seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Made menjelaskan bahwa dengan menggunakan smart meter, tidak akan ada lagi pencatatan konsumsi listrik secara manual. Data konsumsi listrik pelanggan akan tercatat otomatis secara digital.

Selain itu, pelanggan juga dapat memantau penggunaan listrik mereka secara mandiri melalui aplikasi New PLN Mobile. Menurut Made, dengan cara ini, penghitungan konsumsi listrik akan lebih akurat.

Made menjamin bahwa sosialisasi kepada pelanggan telah dilakukan sebelumnya. Proses penggantian meter listrik akan dilakukan oleh mitra PLN yang telah memenuhi standar operasi perusahaan.

Dia juga menekankan bahwa pelanggan tidak akan dikenakan biaya dalam proses penggantian meter listrik ini. Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat tidak tertipu oleh orang yang meminta biaya atas nama program ini.

Menurut data yang terhimpun, pemerintah menargetkan pemasangan 1,2 juta smart meter pada tahun 2023.

Pemasangan smart meter ini dilakukan dalam rangka transformasi PLN, yaitu digitalisasi proses bisnis, termasuk implementasi Advanced Metering Infrastructure (AMI), yang merupakan bagian dari infrastruktur Smart Grid melalui pemasangan smart meter dua arah.

Pemerintah berharap bahwa program pemasangan ini dapat membantu mengurangi kerugian jaringan (losses), terutama kerugian non-teknis melalui pembacaan meter (konsumsi listrik) yang dapat dilakukan secara real-time.

Selain itu, pemasangan ini juga diharapkan dapat mendukung program penurunan tunggakan dengan kemudahan pemutusan secara otomatis.

Comments are closed.