NCC 2024

Wapres Ma’ruf Amin Jelaskan Pentingnya Manajemen Talenta

Jakarta, Businessnews.co.idKebijakan manajemen talenta dapat menjadi instrumen efektif dalam memilah dan memilih calon pemimpin di berbagai tingkatan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2023 dilansir ANTARA pada Selasa (30/5/2023).

Manajemen talenta adalah pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan dengan proses analisis, pengembangan, serta pemanfaatan talenta berkelanjutan dan efektif.

Ma’ruf Amin mengatakan, melalui manajemen talenta, diharapkan akan tersaring individu-individu berdaya saing, yang dalam jangka panjang dapat membawa tata kelola pemerintahan di Indonesia menjadi lebih baik serta dapat menularkan keunggulan kepada para generasi penerus bangsa.

“Kita mencita-citakan ASN (aparatur sipil negara) Indonesia tidak hanya berdaya saing, unggul, dan andal; tetapi juga cerdas, lincah, dan memiliki empati yang menandakan kecerdasan emosional. Talenta-talenta terbaik ini juga harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan,” jelas wapres.

Dia pun mengimbau para peserta Rakornas untuk memanfaatkan momentum itu sebagai sarana bertukar pikiran dan gagasan dalam memaksimalkan efektivitas manajemen talenta untuk kemajuan tata kelola pemerintahan.

“Saya ingin Rakornas ini dapat menjadi forum strategis untuk menelurkan gagasan-gagasan segar dari para pemangku kepentingan guna pengembangan ASN ke depan. Terlebih, pilihan tema manajemen talenta juga sangat relevan dengan agenda transformasi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Comments are closed.