NCC 2024

Optimalkan Sistem Bisnis, BNI Sekuritas Gunakan Trading Online Berbasis Aplikasi

BusinussNews Indonesia – BNI Sekuritas mengikuti ajang penjurian Govermance, Risk, dan Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020 secara virtual pada Senin, (27/07/20). Dalam presentasi kali ini, Antonius Chandra Satya selaku Direktur Utama secara langsung memaparkan tentang bagaimana penerapan GRC dan digitalisasi sistem yang sudah diterapkan oleh BNI Sekuritas. 

Event yang diselenggarakan oleh Majalah Business Indonesia bekerja sama dengan CEO Indonesia dan didukung oleh para pakar dan professional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, CT, Riset & Inovasi serta Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2020, serta dukungan dari beberapa perusahaan konsultan GCG dan Manajemen Risiko serta Manajemen Kepatuhan.

Di awal presentasinya, Antonius menjelaskan bahwa BNI Sekuritas sebagai anak perusahaan BUMN berprinsip untuk selalu mengikuti ketentuan-ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku. Maka dari itu, tahun 2007 BNI Sekuritas telah memiliki Coorporate Secretary agar penerapan prinsip tata kelola yang dijalankan baik sekaligus tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Kemudian, Antonius juga memaparkan terkait penerapan Strategi Anti Fraud. Tujuannya jelas guna mencegah berbagai penyelewengan-penyelewengan yang dapat terjadi dalam perusahaan sekuritas. Beberapa strategi Anti Fraud yang telah dilakukan BNI Sekuritas antara lain pencegahan, deteksi, investigas dan pengenaan sanksi.

Whistleblowing (WBS)pun sudah diterapkan oleh BNI Sekuritas. WBS sendiri merupakan bagian dari sebuah sistem pengendalian secara internal untuk mencegah praktik kecurangan sekaligus memperkuat penerapan good governance. Langkah ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran serta karyawan untuk turut membantu mengungkap pelanggaran yang telah terjadi di perusahaan.

Dari sisi dunia digital, BNI Sekuritas sendiri sudah mengaplikasikan bisnis Online Trading semenjak 2007. Dibuktikan dengan diluncurkannya aplikasi remote trading eSmart dan terus berkembang dengan memperbaharui versi dan terakhir diluncurkan tahun 2013. Tahun 2014 BNI Sekuritas kembali meluncurkan sebuah aplikasi Zaisan, yaitu sebuah aplikasi Online Trading yang berbasis web yang melayani berbagai transaksi seperti jual beli saham dan reksadana.

Sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang semakin maju, terkhusus aplikasi berbasis android. Kemudian BNI Sekuritas pada tahun April 2019 kembali mengeluarkan inovasi teknologi yang berbasis aplikasi android bernama BNI Sekuritas Innovative Online Trading Sistem atau disingkat dengan nama BIONS. Tujuan adanya BIONS yaitu memberikan pelayanan unggul kepada investor dan pelaku pasar modal Indonesia. Dengan aplikasi BIONS, Investor dapat melakukan berbagai transaksi jual beli saham, Obligasi, dan reksadana.

“Digital Bisnis seperti yang saya sampaikan. Dampaknya untuk BNI Sekuritas sangat Signifikan pak, sebagai contoh jumlah customer 88-90 ribu Customer.  Kemudian transaksi kami pehari mendekati 300 ribu transaksi  perhari. Trading saat ini meningkat. Dengan adanya sistem ini sangat membantu kami untuk meningkatkan bisnis,” ungkap Antonius selaku Direktur Utama.

Adapun beberapa pencapaian yang telah dicapai oleh BNI Sekuritas antara lain: pada tahun 2017 BNI Sekuritas mendapatkan peringkat 9 di Tabel Liga Pendapatan Tetap Bloomberg. Sedangkan tahun 2018 mendapatkan peringkat 7 Liga Pendapatan Tetap Blommberg. Dan tercatat peringkat 7 sebagai pasar saham terbesar di Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN, BNI Sekuritas turut andil dalam kegiatan yang berbasis sosial. Diantaranya pada tahun 2018 CSRBNI Sekuritas bersama Polimedia  Kampung Cianten Desa Purasari, Kec. Leuwiliang Kabupaten Bogor Membantu meningkatkan akses jaringan internet & sosialisasi “ayo nabung saham” di SDN CIANTEN 02 dan renovasi masjid di Desa Purasari, Kecamatan  Leuwiliang, Kab. Bogor.

Sedangkan pada tahun 2019, BNI Sekuritas bersama-sama dengan Fakultas Farmasi UI menyelenggarakan program CSR yang berlokasi di kampung Cijantur, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Jawa Barat. Pada kesempatan ini, BNI Sekuritas dan Fakultas Farmasi UI mendonasikan sejumlah sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar untuk digunakan di SD & SMP yang berada di wilayah tersebut. Pemberian bantuan tersebut dilakukan oleh Dedi Arianto selaku Sekretaris Perusahaan BNI Sekuritas.

Hadir sebagai dewan juri dalam acara ini diantaranya; Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2020), Alan Yazid, BB, MBA (Working Group Governance), Dr. Ir. Haryono Soeparno, MSc (Associate Professor in Computer Science, School of Computer), Alan Yazid, BB, MBA (Working Group Governance Risk and Compliance member for Banking  Industry, OJK), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), dan Raharjo Satrio Unggul, SE (Risk Certification Board Committee), Dr. Eddy Iskandar, BSC, MSc Eng (Texmaco Mechatronics (Otomasi), Singapore (1997-1998), CEO CPM Consulting (Bidang SDM, Sistem Manufaktur & Manajemen), Komisaris di beberapa Perusahaan Swasta Nasional). (Dessy)

Comments are closed.