NCC 2024

Berkat Transformasi Human Capital, Bumi Grup Bisa Survive dan Sustainable

Jakarta, Businessnews.co.id – Bumi Group merupakan perusaahan keluarga yang membawahi 17 perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur pakan ternak, kopi, food and beverage, distribusi bahan bangunan, IT company, property dan lain-lain.

Meskipun sudah 30 tahun berdiri, Bumi Group yakin dengan adanya transformasi human capital sangat berdampak pada sustainable perusahaan.

Hal ini disampaikan Organization Development Specialist Bumi Group Agus Susanto dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara online, Rabu (09/11/2022).

“Meskipun ini perusahaan keluarga tapi sudah dikelola secara profesional. Artinya sudah meninggalkan kekerabatan” ujarnya.

Jajaran direksi Bumi Group sepakat memberlakukan kebijakan internal berupa corporate value yang diberinama SABET (Solusi, Andalan, Besar, Emas dan Terus Terang). Selain itu, didukung pula dengan Code of Conduct berupa pedoman etika bisnis dan etika kerja yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh level jabatan.

Agus menjelaskan Bumi Group telah mengembangkan human capital berbasis teknologi, diantaranya Notion, Trello, Cloud dan Learning Management System.

Bumi Group E-Learning misalnya, merupakan platform learning management system dalam bentuk library elektronik sebagai sumber pembelajaran internal untuk membantu individu melakukan self development serta meningkatkan prestasi.

“Adanya teknologi ini memudahkan untuk mengelola sumber daya manusia yang ada. Misalnya platform learning management system yang berguna meningkatkan pengetahuan dan prestasi karyawan” pungkasnya.

Selain itu, Program Learning Management System juga menjadi persyaratan untuk pencairan Bonus atau Reward tahunan.

Bumi Group juga memfasilitasi untuk para karyawan agar bisa berkembang secara individu. Di antaranya, membangun tradisi baca buku, mengkhususkan hari Sabtu untuk learning day, sharing knowledge, hingga mengikuti webinar.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc, Wira Perdana, BSC, MSc, Ir. Achmad Purwono, MBA dan Ir. Rukmi Hadihartini, MM.

Comments are closed.