NCC 2024

3 Hal yang Harus kamu Ketahui Ketika Naik KRL di Masa PSBB Transisi

Bussnews.id – Kereta Rel listrik (KRL) yang dioperatori PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kini sudah siap menyambut PSBB Transisi menuju new normal. Kesiapan itu ditandai dengan sejumlah aturan yang diterapkan KCI di stasiun dan gerbong KRL.

Aturan-aturan ini wajib kamu ketahui dan patuhi ketika menggunakan mode transportasi ini agar tak terpapar dan menyebarkan virus corona yang saat ini masih tinggi di Indonesia. Aturan itu antara lain:

Pihak KCI Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

PT KCI tetap menjalankan protokol kesehatan pada mode transportasi publik yang sudah berjalan selama ini, yaitu wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang, dan penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai dengan marka-marka yang ada di area stasiun dan di kereta.

Sebelum pandemi virus corona melanda, seluruh kereta dan stasiun rutin dibersihkan baik saat beroperasi melayani penumpang maupun selepas jam operasional. Sejak pandemi, pembersihan ini dilengkapi dengan cairan disinfektan dan penyemprotan disinfektan rutin di stasiun maupun sarana KRL.

Di KRL Dilarang Ngobrol

Merujuk pada berbagai pedoman normal baru yang telah dikeluarkan pemerintah. Saat ini yang sudah disampaikan adalah imbauan kepada seluruh pengguna untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler.

Karena salah satu penularan Covid-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara.

Ditekankan Memilih Transaksi Non Tunai

Pengguna KRL juga kami ajak untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas transaksi tiket non tunai dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, dan aplikasi Link Aja.

Khusus untuk aplikasi link aja, saat ini telah ada 40 unit gate yang dapat mengakomodir transaksi jenis ini dan jumlahnya akan terus bertambah. Imbauan menggunakan transaksi non tunai ini untuk meminimalisir kemungkinan penularan Covid-19 dari uang tunai yang sangat sering berpindah tangan.

Petugas frontliner telah mulai menggunakan pelindung wajah atau face shield sebagai upaya untuk semakin mencegahan penularan Covid-19.

Memasuki era new normal, tentu akan semakin banyak masyarakat yang kembali beraktivitas. Namun jika memungkinkan sebaiknya tetap bekerja dari rumah. (ed.AS/bussnews.id/okezone)

Comments are closed.