NCC 2024

Erick Thohir Dukung Sinergi BUMN Soal Pelabuhan Kuala Tanjung

Businessnews Indonesia – Menteri BUMN, Erick Thohir mendukung penuh sinergi antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengenai pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Menurut Erick, Indonesia harus memiliki ekosistem sendiri, yaitu dengan bekerja sama dengan swasta, UMKM dan pihak lain. Ia pun menyetujui adanya pengintegrasian kawasan pelabuhan dan kawasan industri yang didukung kereta api dan juga produk-produk yang dimiliki BUMN maupun pihak swasta.

“Semua pihak bersinergi untuk membangun kawasannya masing-masing. Jadi, saya berharap, ekosistem yang sedang kita bangun sekarang dapat menjadi penyeimbang ekonomi Indonesia,” ujar Erick saat menyaksikan nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Optimalisasi Fasilitas Terminal Multipurpose Kuala Tanjung, KEK Sei Mangkei, dan Angkutan Barang Menggunakan Kereta Api di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara, pada Sabtu (8/1/2022).

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Strategi Pelindo Prasetyo, Direktur Utama Holding PTPN III Mohammad Abdul Ghani dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. 

Direktur Strategi Pelindo Prasetyo mengatakan Pelindo berupaya mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada di Terminal Multipurpose Kuala Tanjung dan kawasan industri pendukungnya. 

“Saat ini, Pelindo, PTPN III dan KAI, kita menyatukan niat dan tekad  untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja, bersinergi antar BUMN, untuk meraih potensi-potensi market di Selat Malaka, guna mewujudkan Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi Indonesia’s logistic dan supply chain hub,” ujar Prasetyo. (AFZ)

Baca juga : KAI, Pelindo dan PT PN Sepakat Bangun Ekosistem Logistik Belawan

Baca juga : BUMN Akan Luncurkan Teknologi 5G Mining di Sektor Pertambangan

Comments are closed.