NCC 2024

Strategi Transformasi Human Capital BRI Menjadi Bank Terbaik Di Asia Tenggara

BusinessNews Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus meningkatkan pengelolaan human capital dengan memperkuat langkah-langkah strategis melalui penyusunan arsitektur pengelolaan human capital. Hal itu dilakukan agar BRI mencapai visi perusahaan yaitu menjadi bank terbaik di Asia Tenggara.

Hal itu dijelaskan langsung oleh division head human capital strategy & policy division bank BRI Carang Thombara Putra pada proses penjurian menuju acara puncak Human Capital & Performance Award 2021 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia, Jakarta, (30/11/2021).

Carang menjelaskan, bahwa Bank BRI memiliki tiga framework penting di bidang Human Capital (HC), pertama fokus dengan visi perusahaan “Become The Most Valuable Banking Group in South East Asia and Champion of Financial Inclusion”. Kedua yaitu penopang HC “becoming home to the best talent” dengan menjadi mitra bisnis yang strategis bagi unit bisnis untuk menyampaikan aspirasinya.

Kemudian yang ketiga dibantu dengan pondasi-pondasi pengelolaan HC seperti budaya kinerja yang menginternalisasikan antara BRI one culture dengan building digital culture, creative HC comunication, robust people analytics hingga integrasi dan reliable HC sistem informasi. “semuanya diarahkan untuk mendukung tercapainya employer value proposition Bank BRI yaitu “giving value for Indonesia”. Untuk memberi makna Indonesia,” Kata Carang.

Selain itu dari sisi people, Bank yang memiliki karyawan 80 persen milenial ini juga melakukan attractive talent recruitment melalui New Way of recruitment Process, yaitu program-program rekrutmen yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan multisource dan multichannel untuk mendapatkan SDM yang unggul atau “Star of Life”.

Untuk multisource beberapa program early recruitment yang dilakukan diantaranya BRILiaN Intership Program, BRILiaN Scholarship Program, Creativity Contest (seperti Hackaton) dan BRILiaN Get Talent sebagai sarana potensial talent pool BRI. Untuk multichannel, terdapat BRILiaN Future Leader Program (BFLP), BRILiaN Next Leader Program (BNLP) dan BRILiaN Banking Officer Program (BBOP).

Selain Carang, Ninis Indriswari selaku division head culture transformation division menjelaskan bahwa pilar yang tidak kalah penting dalam transformasi HC BRI yaitu culture. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan dengan internalisasi corporate value AKHLAK kepada seluruh insan BRILiaN, serta membangun budaya digital yang sejalan dengan fokus transformasi perusahaan.

BRI terus melakukan rangkaian program yang dilakukan untuk mentransformasi budaya perusahaan seperti peduli dengan sesama melalui gerakan BRILiaN Fight Covid, BRILiaN Sahabat UMKM, dan aktivitas Culture Activation Program di seluruh unit kerja BRI Group. Hal ini dilakukan untuk mendukung capaian target kinerja perusahaan.

Kemudian dari sisi organisasi, BRI telah menyusun beberapa program diantaranya kolaborasi, digitalisasi dan pengembangan HC Information System yang mutakhir serta peningkatan kompetensi dan pengetahuan melalui pendidikan, baik secara konvensional maupun digital. “Melalui program transformasi HC ini, BRI optimistis mampu mencetak talenta-talenta terbaik di masa datang,” ungkap Ninis.

Dari sisi digital, Bank yang memiliki 4 kapal (ship terrace) ini juga banyak melakukan transformasi seperti HC Metrics & analitycs OD Apps, e-recruitment BRI, BRI Smart, BRilliance Apps, SMK Online, employes information & employes self-service apps, e-pensiun, dan portal HBI.

Acara Human Capital & Performance Award 2021 ini diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang bertema “Accelerating Corporate Value Through Human Capital for The Next Normal’’.

Event ini bertujuan untuk mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional agar melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, terlebih di masa pandemi ini.

Dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya: Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Human Capital & Performance Award 2021, Assessor for Doctoral degree in Strategic Management & Accounting at Faculty of Economic & Business – University of Indonesia), Ir. Haryono, MSc, PhD (Associate Professor in Computer Science, School of Computer Science, Binus University), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Dr. Dayu Padmara Rengganis, SH, MH (Direktur Corporate Services PT. INTI, Group Head Regulatory PT INDOSAT) dan Ir. Rukmi Hadihartini, MM (Director of Human Capital PT Pertamina 2010-2012). (RB)

Comments are closed.