5 Strategi Pegadaian Tingkatkan Human Capital

0
33
5 Strategi Pegadaian Tingkatkan Human Capital
5 Strategi Pegadaian Tingkatkan Human Capital

BusinessNews Indonesia – Pegadaian berhasil mempertahankan performance bisnis ditengah pendemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Keberhasilan ini tidak lepas dari Human Capital Strategy yang dijalankan.

Senior Vice President Pegadaian Anung Anindita mengatakan ketika tahun 2020 pandemi berdampak pada semua oganisasi, maka Pegadaian berupaya memperkuat human capital sebagai bisnis partner.

“Kita memperkuat Human Capital. Dan alhamdulillah dengan kondisi pandemi pun di tahun 2020 kita masih bisa tumbuh, mendapatkan keuntungan dan memberikan value kepara karyawan, stakeholder dan masyarakat” ujar Anung saat mengikuti penjurian Human Capital Award 2021 yang diselenggarakan BusinessNews Indonesia, Senin (22/11/2021)

Saat ini, Pegadaian terus berupaya meningkatkan human capital dengan menerapkan langkah-langkah strategis. Ada 5 pilar Human Capital Strategy yang sudah dibangun dari awal.

Leadership, Lateral leader yang visioner, mampu melakukan eksekusi, dan mempunyai jaringan dan hubungan yang luas,Program pengembangan kepemimpinan yang kuat dan terarah untuk mengisi kekosongan Leader di kelompok jabatan tertentu, Program pengembangan kepemimpinan berbasis teknologi, yang dapat meningkatan kapabilitas dan kemampuan kemimpinan sesuai arah kompetensi perusahaan

Culture, Budaya perusahaan yang mencakup Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, yang dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh karyawan

Talent, Talent Management yang terintegrasi berdasar pada kebutuhan supply dan demand organisasi. Peningkatan kemampuan untuk mempertahankan talent yang dibutuhkan perusahaan, sesuai pengalaman dan kompetensinya. Penyelarasan manajemen kinerja dan manajemen talenta dalam rangka menciptakan high performing culture

Organization, Organisasi yang mendukung peran, tanggung jawab, dan akuntabilitas yang jelas di seluruh organisasi. Organisasi yang berbasis terhadap produktivitas perusahaan. Organisasi mendukung terhadap perubahan bisnis dan transformasi

Analytics, Kemampuan Analytic dengan didukung oleh data base yang terintegrasi sebagai dasar pengambil keputusan

“lima pilar inilah yang kita pakai untuk membuat program dan keputusan yang lebih baik” jelasnya

Selain itu, Anung mengungkapkan Pegadaian membangun Human Capital Analytic yang lebih baik di tahun 2021-2023 dengan meningkatkan Fully Digitalized Learning Tools, Learning Wallet, Lean Recruitment, Squad Based Environment, Full Implementation of SAP, Objective Key Result (OKR), Strength Based Assessment dan Pegadaian Corpu International Accreditation.

Diakhir persentasi, Anung Anindita selaku Senior Vice President Pegadaian mengucapkan terima terimakasih dan memberikan apresiasi kepada dewan juri.

“Ini momen yang bagus, saya sangat mengapresiasi kepada dewan juri yang bertanya sangat mendalam. Ini kesempatan bagi kami untuk menjelaskannya” tutupnya.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital Award 2021 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD (Chairman for Human Capital & Performance Award 2021, Assessor for Doctoral degree in Strategic Management & Accounting at Faculty of Economic & Business – University of Indonesia), Ir. Ashwin Sasongko, MSc, PhD (Head of ICT at National Research Council / DRN-Dewan Riset Indonesia), Sofyan Rohidi, MBA (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI), DRS. SUHENDRO BAKRI, MA (Komisaris Independen PT Waskita Beton Precast Tbk 2016 – 2021), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc  (Lecturer Mechanical Engineering PEDC ITB (1991-1994), dan Wira Perdana, BSc, MSc (CEO MB Solution, IT Expert for Enterprise Resources Planning (ERP) Integrated IT & Database System)

Untuk diketahui Event Human Capital Award 2021 diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara. (Mr)