NCC 2024

Pengguna MRT Jakarta Tebus 29,4 juta Orang di Kuartal III 2024

Businessnews IndonesiaPT MRT Jakarta (Perseroda) mencatatkan capaian luar biasa dengan total 29.430.945 penumpang yang telah memanfaatkan layanan MRT sejak Januari hingga September 2024. Angka ini rata-rata setara dengan sekitar 107 ribu penumpang per hari, dengan lonjakan hingga 120–130 ribu orang per hari kerja pada Senin hingga Jumat.

Ketepatan waktu MRT Jakarta mencapai 100 persen, mencakup waktu perjalanan, tunggu, dan kedatangan kereta, menjadikannya unggul dalam survei kepuasan pelanggan 2024 yang dilakukan oleh Community of Metros (COMET). Dalam survei tersebut, MRT Jakarta bahkan mengalahkan 30 operator lain dari Eropa, Amerika, dan Asia.

Peningkatan keterangkutan penumpang paling signifikan terlihat di lima stasiun utama: Dukuh Atas BNI, Bundaran HI, Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, Senayan Mastercard, dan Istora Mandiri. Integrasi moda transportasi, konektivitas dengan bangunan di sekitar stasiun, serta hadirnya mitra feeder dan program-program gaya hidup dan acara di sekitar stasiun turut mendorong tren peningkatan jumlah penumpang tersebut.

Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan. Lebih jauh lagi, moda pengumpan ini juga mengangkut dari kawasan hunian langsung menuju stasiun terdekat.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 22–23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Terhitung sejak Mei 2023 lalu, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 6 dan berakhir pada pukul 24.00, menjadi pukul 5 hingga 24.00 sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Pada 2023, jumlah pengguna jasa MRT Jakarta mencapai 91 ribu orang per hari. Angka ini melampaui target 70 ribu orang per hari sepanjang 2023. Pada 2024 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 92 ribu orang per hari pada akhir tahun. PT MRT Jakarta (Perseroda) berterima kasih kepada masyarakat yang telah menaruh kepercayaannya terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpannya sehingga lebih banyak orang yang menggunakan MRT Jakarta dalam mobilitas sehari-harinya.

Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan, menggunakan poin penggunaan untuk ditukar dengan berbagai promo, bahkan menonton film dan bermain gim ponsel. Seluruh fitur gaya hidup ini bertujuan untuk memberikan pengalaman penuh kepada pelanggan saat menggunakan layanan MRT Jakarta.

Pembelian tiket rombongan (maksimal lima tiket per akun) melalui aplikasi di ponsel berbasis android pun dapat dilakukan sehingga memudahkan bagi pelanggan rombongan untuk bepergian. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga menyediakan mesin top up uang elektronik keluaran bank di setiap stasiun. Inovasi melalui mesin tiket kertas kode QR juga disediakan untuk memudahkan masyarakat saat membeli tiket. PT MRT Jakarta (Perseroda) juga menyediakan mesin tiket kertas kode QR versi mobile, seperti mesin EDC, di mana pengguna jasa dapat memesan, membayar, dan mencetak tiket kertas melalui alat mobile yang dibawa oleh petugas stasiun saat kondisi sedang ramai.

Sumber: www.jakartamrt.co.id

Comments are closed.