NCC 2024

KAI Sabet 3 Penghargaan Bergengsi Ajang GRC Award 2024

BusinessNews Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meraih 3 (tiga) penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2024 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Jum’at (30/08/2024).

Pada acara yang mengangkat tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instabillity ESG Complexities and Cyber Breaches’’, KAI berhasil meraih penghargaan dengan lima (5) star gold. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2024 (Transportation Industries), The Best Chief Risk Management Officer 2024 yang diraih oleh Salusra Wijaya selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT KAI dan The Best Chief Executive Officer 2024 yang diraih oleh Didiek Hartantyo selaku Direktur Utama PT KAI.

KAI secara konsisten berupaya menjaga kelangsungan bisnis perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memperkuat sistem pengendalian internal melalui pengelolaan risiko yang berlandaskan prinsip kehati-hatian, terintegrasi, efektif dan efisien pada setiap level organisasi.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2004 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa KAI dinilai telah mengimplementasikan GRC dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

KAI secara khusus memiliki 3 ruang lingkup penerapan manajemen risiko di antaranya;  Pertama, Stretegi Risiko dan Risiko Utama. Yaitu Risiko yang berkontribusi secara signifikan mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan atau sesuai diskresi pemegang saham atau manajemen yang perlu mendapat perhatian utama berpotensi teragregasi kepada Kementerian BUMN serta terintegrasi dengan anak perusahaan, perusahaan patungan dan perusahaan terafiliasi.

Kedua Investasi, Risiko yang berasal dari suatu kajian atau asesmen khusus atas suatu project baik itu investasi maupun non investasi. Dan yang ketiga yaitu Risiko Operasional Bisnis, yaitu risiko yang berasal dari masing masing risk owner terkait dengan pekerjaannya yang melekat pada KPI Risiko entity teridentifikasi dari kegiatan Risk Control Self Assesment pada Aplikasi SMARTKA.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2004 sekaligus CEO Businessnews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2004 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” Kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2004 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya. “Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” ujar Irnanda.

GRC & Performance Exellence Award 2024 ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga kompeten di bidangnya seperti Open Compliance and Ethics Group (OCEG – USA) dengan 60 ribu member seluruh dunia, juga dengan FMR (Forum Manajemen Risiko BUMN) dengan member seluruh BUMN dan anak Perusahaan BUMN serta Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).

Comments are closed.