Bank DKI Sabet 3 Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2024

Jakarta, businessnews.co.id – PT Bank DKI meraih tiga penghargaan bergengsi di ajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2024 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Jum’at (30/08/2024).

Pada acara yang mengangkat tema “The Vital Role & Effectiveness GRC for Risks Mitigation in Global Economic Instability ESG Complexities and Cyber Breaches”, Bank DKI berhasil meraih penghargaan dengan lima (5) star silver. Adapun kategori penghargaannya yaitu The Best GRC for Corporate Governance 2024, The Best GRC for Corporate Finance 2024 (Banking Industries) dan The Best Chief Executive Officer 2024 yang diraih oleh Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo.

Direktur Utama Bank DKI, Agus Haryoto Widodo menjelaskan bahwa Bank DKI menawarkan berbagai layanan keuangan mulai dari pinjaman dan pembiayaan hingga payroll dan transaksi digital. Bank DKI juga aktif terlibat dalam beberapa inisiatif kunci yang diluncurkan oleh pemerintah daerah DKI Jakarta yang menjadikannya bagian integral dari komunitas.

Bank DKI terus berusaha menjalankan ketiga aspek GRC yaitu Governance, Risk Management dan Compliance. Dari aspek Governance, Bank DKI telah membuat 10 pedoman perusahaan, 1 pedoman  kerja dewan komisaris dan dewan pengawas syariah, 1 pedoman kerja direksi, 5 SOP, 1 instruksi direksi, 4 piagam komite dan 1 piagam tata kelola. Sementara itu, dari aspek Risk Management, Bank DKI telah membuat 11 pedoman perusahaan, 4 SOP dan menerapkan Fraud Detection System. Selain itu, dari aspek Compliance, Bank DKI telah membuat 4 pedoman perusahaan, 3 SOP, 1 instruksi direksi, 2 surat edaran dan e-Compliance checklist kedinasan.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2024 sekaligus CEO BusinessNews Indonesia, Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan manajemen kepatuhan (compliance).

“GRC & Performance Excellence Award 2024 ini mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah. Hal itu dilakukan agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada masyarakat,” kata Irnanda.

Lebih lanjut Irnanda mengatakan ajang GRC & Performance Excellence Award 2024 ini merupakan momen untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktik GRC di perusahaannya. Menurutnya, GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan kedepannya.

“Dengan adanya GRC ini, kita akan lebih memiliki informasi dan juga pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” tutup Irnanda.

Comments are closed.