NCC 2024

Pelatihan Literasi Keuangan bagi Pelaku UMKM di Desa Gunung Bunder 1, Pamijahan Bogor

BusinessNews Indonesia – Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik Indonesia (BenihBaik.com) mengadakan acara pelatihan literasi keuangan yang bertempat di Balai Desa Gunung Bunder 1, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Acara ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan manajemen keuangan para pelaku UMKM di wilayah tersebut, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Acara pelatihan ini diikuti oleh 35 orang pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha. Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan berbagai pengetahuan penting terkait pengelolaan keuangan, seperti cara menyusun laporan keuangan, manajemen kas, serta strategi investasi yang aman dan efektif. Selain itu, materi mengenai pentingnya perlindungan asuransi untuk usaha juga menjadi salah satu poin utama yang disampaikan.

Gatot Haryadi, Corporate Secretary IFG Life menyampaikan pentingnya acara ini untuk meningkatkan kesadaran akan literasi keuangan, yang merupakan salah satu pilar utama dalam pengelolaan usaha yang sukses. “Kami berharap dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan keuangan yang baik dan terencana, khususnya terkait dengan kebutuhan tersedianya dana darurat melalui program asuransi,” ujar Gatot.

Mandiri Inhealth memberikan penekanan pada perlunya perlindungan asuransi sebagai bagian dari manajemen risiko dalam menjalankan bisnis. “Penggunaan program asuransi lebih dari sekadar untuk melindungi diri tetapi juga bermanfaat untuk menjaga produktivitas dan keberlangsungan usaha,” jelas Fazlia Yulinda, Corporate Secretary Mandiri Inhealth.

Saat memberikan kata sambutan, Kepala Desa Gunung Bunder 1, Alamsyah, menyatakan bahwa masyarakat sangat antusias dan membuka diri untuk kegiatan yang diselenggarakan. “Kami sangat senang, karena pengetahuan dan informasi yang disampaikan, diharapkan memberikan pengetahuan bagi para pelaku UMKM dalam pengelolaan keuangan bagi keluarga maupun usaha”, jelasnya.

Sementara itu, BenihBaik.com juga memberikan panduan tentang penggunaan teknologi untuk memperluas akses pasar dan modal. “Dalam era digital ini, platform digital bukan hanya alat, tetapi jembatan menuju kesuksesan yang lebih besar bagi UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa membuka peluang baru dengan cara yang lebih efektif dan efisien” kata Farhan Prastiyan, Manager of Partnership BenihBaik.com.

Comments are closed.