Momentum Tahun Politik Siap Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI?

JAKARTA, businessnews.co.id – Momentum tahun politik yang berlangsung pada tahun ini memberikan sentimen bagi perekonomian RI. Pengamat ekonomi, Ibrahim Assuabi, mengungkapkan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dapat menjadi pendorong positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Secara historis, momen pemilu atau pemilihan presiden (Pilres) dan pemilihan legislatif (Pileg) berkontribusi pada pertumbuhan PDB riil pada 1-3 kuartal sebelum dan sesudah pesta demokrasi rakyat biasanya terkonfirmasi beberapa komponen PDB akan naik,” katanya Jumat (26/2).

Assuabi menerangkan, konsumsi dari Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) cenderung mengalami peningkatan selama persiapan pemilu. Hal itu juga disebutkannya sebagai salah satu faktor pendorong pertumbuhan tersebut.

Lebih lanjut, uang beredar dalam arti luas (M2) diperkirakan Assuabi akan bertumbuh seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi yang terjadi selama momentum pemilu. Data dari Bank Indonesia (BI) mencatat kenaikan M2 per Desember 2023 menjadi Rp8.824,7 triliun, dengan pertumbuhan 3,5 persen year-on-year (yoy).

“Dari ukuran money supply, M2 berarti sudah memperhitungkan tabungan, deposito dan dana pasar uang di M2, itu juga confirm pada siklus 5 tahunan memasuki tahapan pemilu dan setelahnya justru sangat positif terhadap ekonomi Indonesia,” terangnya.

Di sisi lain, peluang investasi di dalam negeri terbuka lebar meski masih mendapati sederet tantangan global. Pelaku pasar pun diminta untuk melakukan analisis mendalam terkait sektor-sektor yang berpotensi tumbuh, serta mempertimbangkan diversifikasi portofolio investasi, termasuk melibatkan instrumen reksa dana, guna meraih hasil optimal di tengah dinamika politik dan ekonomi yang terus berubah

Dalam konteks ini, reksa dana memiliki peluang untuk berkembang pesat. Menyambut momentum tahun politik, para investor pun dapat memperhatikan potensi pertumbuhan pada sektor-sektor tertentu yang mendapatkan dukungan selama masa periode pemilu.

Sebagai informasi, reksa dana merupakan produk investasi yang mengumpulkan dana dari investor untuk dikelola oleh manajer investasi secara profesional. Nantinya, dana tersebut ditempatkan ke berbagai instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau lainnya.

Comments are closed.