Lintasarta dan KORIKA Komitmen Sokong Indonesia Emas 2045 Lewat AI

Jakarta, businessnews.co.id – Lintasarta bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA) menandatangani perjanjian kerjasama untuk memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) guna solusi industri nasional pada Kamis (25/4/2024) di Jakarta.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari komitmen keduanya dalam mendukung strategi nasional kecerdasan artifisial demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Penandatanganan komitmen kerjasama ini dilakukan secara langsung oleh President Director & Chief Executive Officer (CEO) Lintasarta Bayu Hanantasena dan Ketua Umum KORIKA Prof. Hammam Riza. Acara ini juga turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Dewi Ratih Kamiliah.

President Director & Chief Executive Officer (CEO) Lintasarta, Bayu Hanantasena, menyatakan bahwa kerjasama ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk mendukung pertumbuhan industri melalui solusi ICT terkini serta kolaborasi dengan mitra strategis nasional.

“Kerjasama dengan KORIKA sebagai bentuk kesungguhan perusahaan untuk menjadi pemimpin inisiasi dari sektor industri dalam percepatan pembangunan industri nasional serta tercapainya tujuan besar Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Bayu mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara yang mendambakan modernisasi industri melalui kecerdasan artifisial, tengah melakukan akselerasi untuk menjadi lebih maju dan sukses pada tahun 2045.

Menurut Bayu, AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan aktivitas perekonomian sebuah negara hingga tingkat global.

“Saat ini banyak negara termasuk Indonesia melakukan optimalisasi pemanfaatan AI dalam perjalanan menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik karena melalui AI mampu meningkatkan kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) secara signifikan,” ujarnya.

Ketua Umum KORIKA, Prof. Hammam Riza, menyambut baik kolaborasi antara KORIKA dengan Lintasarta sebagai langkah penting dalam mendukung transformasi digital melalui implementasi AI di industri nasional.

“Kami meyakini kerja sama antara KORIKA dan Lintasarta akan menjadi langkah penting dalam mendukung transformasi digital melalui implementasi AI di industri nasional,” ujarnya.

Menurutnya, KORIKA berusaha untuk mengelaborasikan seluruh komponen untuk membangun riset dan inovasi teknologi AI untuk diimplementasikan pada industri andalan, industri pendukung, dan industri hulu.

“Tahap berikutnya penerapan teknologi AI harus memenuhi etika dan tata kelola yang telah diatur oleh peraturan pemerintah dan perundang-undangan agar sejalan dengan kebijakan serta tujuan yang telah ditetapkan,” katanya.

Lintasarta, sebagai perusahaan penyedia solusi ICT, saat ini fokus dalam memperkuat produk inti melalui Cloud, Connectivity dan Cybersecurity. Kolaborasi dengan KORIKA akan memperkuat pengembangan produk menggunakan teknologi AI guna memenuhi kebutuhan serta peningkatan daya saing pelaku industri.

Bayu mengatakan kolaborasi ini penuh dengan optimisme dan semangat untuk mencapai tujuan yang sama.

“Tepatnya untuk Indonesia Emas 2045 yang akan membawa dampak signifikan bagi industri nasional dan masyarakat yang lebih luas,” lanjut Bayu.

Comments are closed.