NCC 2024

Pertamina Perkuat Komitmen Lingkungan dengan Penanaman 6 Juta Pohon

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia, PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan program penanaman lebih dari 6 juta pohon, melibatkan 104 program di seluruh wilayah operasi Pertamina Group. Aksi ini, sebagai bagian dari program Hutan Pertamina, mendukung dekarbonisasi sebanyak lebih dari 120 ribu ton CO2eq/tahun.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa penanaman pohon merupakan upaya serius perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Pertamina serius terhadap pelestarian lingkungan, salah satunya penanaman pohon yang memiliki peran sebagai penyerap dan penyimpan karbon,” jelas Fadjar dalam keterangan tertulis, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan penanaman pohon ini juga diinisiasi di berbagai wilayah, seperti Sulawesi, sebagai bentuk upaya pelestarian alam dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar.

Program Hutan Pertamina memberikan manfaat ekonomi pada 4.783 penerima manfaat dengan pendapatan sekitar Rp 1,8 miliar/tahun.

Selain itu, Pertamina mengajak berbagai elemen masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa, untuk terlibat dalam aksi penanaman pohon.

Adapun salah satu kegiatan pelestarian alam ini diinisiasi PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui Aviation Fuel Terminal Hasanuddin Group, yang menggelar aksi penanaman 1.000 bibit Pohon di Kebun Raya Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Kegiatan dengan tema “Menanam Satu Pohon Hari Ini, Menuai Sejuta Manfaat Di Masa Depan” ini juga berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan.

Comments are closed.