NCC 2024

OJK Dorong Milenial dan Generasi Z untuk Mengelola Keuangan dengan Bijak

Jakarta, Businessnews.co.idKepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Aman Santosa menekankan pentingnya kaum milenial dan generasi Z untuk bijak mengatur keuangan berdasarkan prioritas.

“Intinya kita ingin mengatakan wisdom (kebijaksanaan), yang kedua adalah teliti sebelum membeli, kita sebelum transaksi pahami betul-betul itu merupakan kebutuhan yang kita butuhkan,” ungkap Aman, Kamis (07/09/23).

Aman juga menyarankan agar milenial dan generasi Z mengambil perhatian khusus dalam memilih produk dan layanan keuangan untuk mengelola keuangan mereka.

“Kenali produknya, pahami fiturnya, manfaat dan risikonya, pahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, termasuk mekanisme perlindungan konsumennya,” tuturnya.

Dalam pemilihan produk atau layanan keuangan, penting juga untuk memeriksa legalitasnya, apakah produk atau layanan tersebut diawasi oleh OJK atau tidak, dan apakah mereka sah atau ilegal. Produk keuangan yang telah terdaftar di OJK diawasi dan mematuhi aturan yang ditetapkan, sehingga dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih baik bagi konsumen.

Aman juga mengingatkan agar kaum milenial tidak terjerumus ke dalam pinjaman online ilegal (pinjol) dan untuk bijak dalam menggunakan layanan paylater.

Penggunaan paylater yang berlebihan dapat berdampak negatif pada situasi finansial mereka, sehingga penting untuk memahami konsekuensi dari setiap transaksi keuangan yang dilakukan.

Comments are closed.